Nama asli Syekh Siti Jenar adalah Sayyid Hasan ’Ali Al-Husaini, di-
lahirkan di Persia, Iran. Kemudian setelah dewasa mendapat gelar
Syaikh Abdul Jalil. Dan ketika datang guna berdakwah ke Caruban
(sebelah tenggara Cirebon), beliau mendapat gelar Syaikh Siti
Jenar atau Syaikh Lemah Abang atau Syaikh Lemah Brit.
.
Nasab lengkapnya adalah Syekh Siti Jenar [Sayyid Hasan ’Ali] bin
Sayyid Shalih bin Sayyid ’Isa ’Alawi bin Sayyid Ahmad Syah Jala-
luddin bin Sayyid ’Abdullah Khan bin Sayyid Abdul Malik Azmat
Khan bin Sayyid 'Alwi 'Ammil Faqih bin Sayyid Muhammad Shohib
Mirbath bin Sayyid 'Ali Khali Qasam bin Sayyid 'Alwi Shohib Baiti
Jubair bin Sayyid Muhammad Maula Ash-Shaouma'ah bin Sayyid
'Alwi al-Mubtakir bin Sayyid 'Ubaidillah bin Sayyid Ahmad Al-Muhajir
bin Sayyid 'Isa An-Naqib bin Sayyid Muhammad An-Naqib bin
Sayyid 'Ali Al-'Uraidhi bin Sayyidina Ja'far Ash-Shadiq bin
Sayyidina Muhammad al-Baqir bin Sayyidina 'Ali Zainal 'Abidin
bin Sayyidina Husain Asy-Syahid bin Sayyidatina Fathimah
Az-Zahra binti Nabi Muhammad Rasulullah SAW.
.
Syaikh Siti Jenar lahir sekitar tahun 1404 M di Persia, Iran. Sejak
kecil ia berguru kepada ayahnya Sayyid Shalih dibidang Al-Qur’an
dan Tafsirnya.
Syaikh Siti Jenar kecil berhasil menghafal Al-Qur’an di usia 12 thn.
.
Kemudian saat Syaikh Siti Jenar berusia 17 thn, maka ia bersama
ayahnya berdakwah dan berdagang ke Malaka. Tiba di Malaka,
ayahnya, yaitu Sayyid Shalih, diangkat menjadi Mufti Malaka oleh
Kesultanan Malaka pimpinan Sultan Muhammad Iskandar Syah.
Saat itu. Kesultanan Malaka adalah di bawah komando Khalifah
Muhammad 1, Kekhalifahan Turki Utsmani.
Syaikh Siti Jenar dan ayahnya bermukim di Malaka.
.
Kemudian pada tahun 1424 M, Ada perpindahan kekuasaan antara
Sultan Muhammad Iskandar Syah kepada Sultan Mudzaffar Syah.
Sekaligus pergantian mufti baru dari Sayyid Sholih [ayah Siti Jenar]
kepada Syaikh Syamsuddin Ahmad.
.
Pada akhir tahun 1425 M. Sayyid Shalih beserta anak dan istrinya
pindah ke Cirebon. Di Cirebon Sayyid Shalih menemui sepupunya
yaitu Sayyid Kahfi bin Sayyid Ahmad.
.
Kedudukan Sayyid Kahfi di Cirebon adalah sbg Mursyid Thariqah
Al-Mu’tabarah Al-Ahadiyyah dari sanad Utsman bin ’Affan.
Sekaligus Penasehat Agama Islam Kesultanan Cirebon.
Sayyid Kahfi kemudian mengajarkan ilmu Ma’rifatullah kepada Siti
Jenar yang pada waktu itu berusia 20 tahun.
Pada saat itu, di seluruh bumi, Mursyid2 Al-Thariqah Al-Mu’tabarah
Al-Ahadiyah, baru ada empat orang, yaitu =
.
1. Maulana Malik Ibrahim, sebagai Mursyid Thariqah al-Mu’tabarah
....al-Ahadiyyah, dari sanad sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq.
....Thoriqoh ini u/ wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi, ....Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, dan sekitarnya
2. Sayyid Ahmad Faruqi Sirhindi, dari sanad Sayyidina ’Umar bin
....Khattab.
....Thoriqoh ini u/ wilayah Turki, Afrika Selatan, Mesir & sekitarnya,
3. Sayyid Kahfi, dari sanad Sayyidina Utsman bin ’Affan.
....Thoriqoh ini u/ wilayah Jawa Barat, Banten, Sumatera, Champa,
....dan Asia tenggara
4. Sayyid Abu Abdullah Muhammad bin Ali bin Ja’far al-Bilali, dari
....sanad Imam ’Ali bin Abi Thalib.
....Thoriqoh ini u/ wilayah Makkah, Madinah, Persia, Iraq, Pakistan,
....India, Yaman.
.
Kitab-Kitab yg dipelajari oleh Siti Jenar muda kepada Sayyid Kahfi
adalah Kitab Fusus Al-Hikam karya Ibnu ’Arabi, Kitab Insan Kamil
karya Abdul Karim al-Jilli, Ihya’ Ulumuddin karya Al-Ghazali, Risa-
lah Qushairiyah karya Imam al-Qushairi, Tafsir Ma’rifatullah karya
Ruzbihan Baqli, Kitab At-Thawasin karya Al-Hallaj, Kitab At-Tajalli
karya Abu Yazid Al-Busthamiy.
Dan kitab Quth al-Qulub karya Abu Thalib al-Makkiy.
.
Sedangkan dlm ilmu Fiqih Islam, Siti Jenar muda berguru kepada
Sunan Ampel selama 8 tahun.
Dan belajar ilmu ushuluddin kpd Sunan Gunung Jati selama 2 thn.
.
Setelah wafatnya Sayyid Kahfi, Siti Jenar diberi amanat untuk
menggantikannya sebagai Mursyid Thariqah Al-Mu’tabarah Al-
Ahadiyyah dengan sanad Utsman bin ’Affan.
Di antara murid2 Syaikh Siti Jenar adalah: Muhammad Abdullah
Burhanpuri, Ali Fansuri, Hamzah Fansuri, Syamsuddin Pasai,
Abdul Ra’uf Sinkiliy, dan lain-lain.
.
KESALAHAN SEJARAH TENTANG SYAIKH SITI JENAR YANG
MENJADI FITNAH adalah =
.
1. Menganggap bhw Syaikh Siti Jenar berasal dari cacing. Sejarah
....ini bertentangan dengan akal sehat manusia dan Syari’at Islam.
....Tidak ada bukti referensi yg kuat bhw Syaikh Siti Jenar berasal
....dari cacing. Ini adalah sejarah bohong.
....Didalam kitab Serat Candhakipun Riwayat jati ; Alih aksara; Per-
....pustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah, 2002, hlm. 1, cerita
....bohong yg hingga saat ini masih populer itu, DIBANTAH secara
....tegas = “Wondene kacariyos yen Lemahbang punika asal saking
....cacing, punika ded, sajatosipun inggih pancen manungsa darah
....alit kemawon, griya ing dhusun Lemahbang”.
....[Adapun diceritakan bhw Lemahbang (Syekh Siti Jenar) itu ber-
....asal dari cacing, itu salah. Sebenarnya ia memang manusia yg
....akrab dengan rakyat jelata, bertempat tinggal di desa Lemah
....Abang].
.
2. “Ajaran Manunggaling Kawulo Gusti” yang di-identik-kan kepada
....Syaikh Siti Jenar oleh beberapa penulis sejarah, adalah bohong,
....tidak berdasar alias ngawur.
....Istilah "Manunggaling Kawulo Gusti" berasal dari Kitab2 Primbon
....Jawa.
....Padahal dlm Suluk Syaikh Siti Jenar, beliau memakai kalimat =
....Fana’ wal Baqa’.
....Fana’ Wal Baqa’ amat berbeda penafsirannya dg Manunggaling
....Kawulo Gusti.
....Istilah Fana’ Wal Baqa’ merupakan ajaran tauhid, yang merujuk
....pada Firman Allah: ”Kullu syai’in Haalikun Illa Wajhahu”, artinya
....“Segala sesuatu itu akan rusak dan binasa kecuali Dzat Allah”.
....Syaikh Siti Jenar adalah penganut ajaran Tauhid Sejati, Tauhid
....Fana’ wal Baqa’, Tauhid Qur’ani dan Tauhid Syar’iy.
.
3. Dalam beberapa buku diceritakan bahwa Syaikh Siti Jenar me-
....ninggalkan Sholat, Puasa Ramadhan, Sholat Jum’at, Haji dsb.
....Syaikh Burhanpuri dalam Risalah Burhanpuri halaman 19, mem- ....bantahnya, ia berkata, “Saya berguru kepada Syaikh Siti Jenar
....selama 9 tahun, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri,
....bahwa dia adalah pengamal Syari’at Islam Sejati, bahkan sholat
....sunnah yg dilakukan Syaikh Siti Jenar adalah lebih banyak dari-
....pada manusia biasa. Tidak pernah bibirnya berhenti berdzikir ....“Allah..Allah..Allah” dan membaca Shalawat nabi, tidak pernah
....ia putus puasa Daud, Senin-Kamis, puasa Yaumul Bidh, dan
....tidak pernah saya melihat dia meninggalkan sholat Jum’at”.
.
4. Beberapa penulis telah menulis bhw kematian Syaikh Siti Jenar,
....dibunuh oleh Wali Songo, dan mayatnya berubah menjadi anjing.
....Bantahan saya: “Ini suatu penghinaan kpd seorang Waliyullah,
....seorang cucu Rasulullah. Sungguh amat keji dan biadab, siapa-
....pun yg menyebut Syaikh Siti Jenar lahir dari cacing dan mening-
....gal menjadi anjing".
...."Saya meluruskan riwayat ini berdasarkan riwayat para habaib,
....ulama’, kyai dan ajengan yg terpercaya kewaro’annya. Mereka
....berkata bahwa Syaikh Siti Jenar meninggal dlm kondisi sedang
....bersujud di Pengimaman Masjid Agung Cirebon. Setelah sholat
....Tahajjud. Dan para santri baru mengetahuinya saat akan
....melaksanakan sholat shubuh“.
.
5. Cerita bhw Syaikh Siti Jenar dibunuh oleh Sembilan Wali adalah
....bohong. Tidak memiliki literatur primer. Cerita itu hanyalah cerita
....fiktif yang ditambah-tambahi, agar kelihatan dahsyat, dan agar
....laku dijadikan film atau sinetron. Bantahan saya = “Wali Songo
....adalah penegak Syari’at Islam di tanah Jawa". "Didalam kitab
....Maqaashidus syarii’ah diajarkan bahwa Islam itu memelihara
....kehidupan [Hifzhun Nasal wal Hayaah]. Tidak boleh membunuh
....seorang jiwa mukmin yg di dlm QALBU-nya ada Iman kpd Allah".
...."Tidaklah mungkin 9 waliyullah yang suci dari keturunan Nabi
....Muhammad akan membunuh waliyullah dari keturunan yang
....sama". "Tidak bisa diterima akal sehat”.
.
....Penghancuran sejarah ini, menurut ahli Sejarah Islam Indonesia,
....adalah ulah Penjajah Belanda, guna memecah belah umat Islam
....agar selalu bertikai antara Maz-hab dg Maz-hab, antara Ulama’
....Syari’at dengan Ulama’ Hakikat.
....Bahkan Penjajah Belanda, dg Politik Devide et Empera [Politik
....Pecah Belah], telah meng-KLASIFIKASI-kan umat Islam
....Indonesia menjadi 3 kelas, yaitu =
1) Kelas Santri [diidentikkan dengan 9 Wali].
2) Kelas Priyayi [diidentikkan dengan Raden Fattah, Sultan Demak].
3) Kelas Abangan [diidentikkan dengan Syaikh Siti Jenar].
.
Wahai kaum muslimin, melihat fenomena seperti ini, maka kita harus
waspada thd upaya2 para kolonialist, imprealis, zionis, freemasonry
yang berkedok orientalis, lalu melakukan penulisan sejarah Islam.
Hati-hati, jangan-lah mau kita diadu dengan sesama umat Islam.
Jangan-lah kita mau umat Islam ini pecah. Ulama-nya pecah.
Mari kita bersatu dalam naungan Islam untuk yg lebih indah, lebih rahmatan bagi sekalian alam.
Copas dr sahabat sebelah, guna meluruskan sejarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar