Selasa, 22 September 2015

4 EMPAT CARA DAN TINGKATAN DALAM MEMAHAMI ALQURAN.

1. MEMAHAMI ALQURAN BERDASARKAN 4 TINGKATAN MAKNA. 

Makna harfiah, makna tafsir, makna takwil dan makna hakikat. 
PERTAMA, MAKNA HARFIAH, ayat2 yg jelas dan terang pesan dan maksudnya yg dapat dipahami semua orang. 
KEDUA, MAKNA TAFSIR, ayat2 yg diperlukan penjelasan lebih lanjut untuk memahaminya. 
KETIGA, MAKNA TAKWIL, ayat2 yg tersamar maknanya, makna tersirat, perumpamaan dan isyarat yg hanya dipahami oleh ahli hikmah dan para rasyikun yg mendalam ilmunya. KEEMPAT, MAKNA HAKEKAT, ayat2 yg mengandung kebenaran inti dari ayat, dan kebenaran yg terhubung dengan sifat2 Allah dan Zat Allah.

2. MEMAHAMI ALQURAN BERDASARKAN 4 PENGETAHUAN UTAMA. 

Tentang Allah, tentang ibadah, tentang iman, dan tentang penghuni surga dan neraka. PENGETAHUAN TENTANG ALLAH, yaitu tentang Allah Zat Yang Esa, sifat2 dan perbuatan Allah. Peran dan kehadiran Asma2 Allah pada semua ciptaan. 

PENGETAHUAN TENTANG IBADAH, yaitu amal2 ibadah dan perbuatan baik, cara2 beribadah, berdoa, dan berperilaku pada Allah dan pada makhluknya. PENGETAHUAN 

TENTANG IMAN, yaitu cara2 bertakwa, bertawakal, ridha, ikhlas, mencintai Allah dan Rasul. 

PENGETAHUAN TENTANG PENGHUNI SURGA DAN NERAKA, yaitu tentang orang2 yg beriman dan kafir, para Nabi dan orang2 shaleh, orang2 yg ingkar, yg sesat, yg dimurkai oleh Allah.

3. MEMAHAMI ALQURAN BERDASARKAN 4 JENIS PETUNJUK YANG DIBERIKAN ALLAH. 

PETUNJUK BERUPA WAHYU, yaitu semua ayat yg dijelaskan dalam alQuran. 

PETUNJUK BERUPA ILHAM, yaitu pemahaman yg didapat didalam hati ketika merenungi ayat2 alQuran dan Asma2 Allah. 

PETUNJUK BERUPA HIKMAH, yaitu ilmu ladunni, takwil ayat yg diberikan Allah pada ahli ibadah yg terhubung secara mendalam dengan Allah dan Rasul. 

PETUNJUK BERUPA HAKEKAT, yaitu kebenaran yg diberikan Allah pada orang2 yg dicintaiNya, melalui pemahaman langsung, melalui malaikat, melalui mimpi, atau Allah berbicara langsung dari balik tirai jiwanya atau seperti dikatakan Allah dalam hadis Qudsi, Aku menjadi lidahnya berkata.

4. MEMAHAMI ALQURAN MELALUI PENYATUAN JIWA KITA DENGAN AYAT2 ALQURAN. 

Allah menjelaskan dalam alQuran, sesungguhnya alQuran adalah ayat2 yg nyata didalam dada orang2 yg diberi ilmu Qs 24:49. 
Ilmu yg dimaksud adalah ilmu yg dapat menjadikan ayat2 alQuran sebagai kebenaran, pedoman, dan cahaya dalam jiwa kita yg menjadikan kita dapat hidup sejalan dengan alQuran. 
Jika jiwa kita sudah menyatu dengan ayat2 alQuran, maka jiwa kita akan dihidupi oleh cahaya alQuran yg pada hakekatnya kita dihidupi oleh cahaya Allah itu sendiri. 
Dan jiwa kita juga berada dalam kebenaran bersama alQuran yg juga merupakan kebenaran bersama Allah itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar