Sabtu, 23 Juli 2016

Kisah Cinta Rabi'ah Al Adawiyah

Kisah Cinta Rabi'ah Al Adawiyah
Ia adl wanita sufi yg hidup pd masa prtengahn awal (95 H - 185 H), zaman salafussoleh. Trkenal dgn konsep ketuhanannya, yaitu :
Tuhan adl Cinta Agung

Konsep tsb telah mberikn inspirasi baru yg segar dlm dunia sufi maupun akademisi. Mncerahkn konsep sblmnya, yg sdh cukup lama dkenalkn kaum sufi kpd masyarakat pd masa itu (guna mbendung gaya hidup mewah), yaitu : rindu syurga & takut neraka.
Inilah bait syair munajatnya, yg cukup populer spanjang masa :
Ya Allah ...
Jk aku mnyembah-Mu
krn takut pd neraka, mk bakarlah aku di dlm neraka.
Dan jk aku mnyembah-Mu krn mngharapkn surga, mk keluarknlah aku dr dlm surga.
Namun ...
Jk aku mnyembah-Mu demi cintakn Engkau, mk janganlah Engkau enggan mperlihatkn keindahan wajah-Mu yg kekal abadi kpdku.

Namanya Rabi'ah binti Ismail Al Adawiyah Al Bashriyah.
Rabi'ah brarti puteri ke empat, krn ia anak keempat dr empat perempuan brsaudara. Sdgkn Al Adawiyah adl gelarn utk sukunya, Qais bin 'Adi.
Ia trlahir d prkampungn dekat kota Basrah (Irak), pd malam hari dlm keadaan rumah gelap tiada minyak lampu & tiada kain pmbungkus bayi. Kecilnya, hidup dlm ksusahn. Remajanya, dtinggal mati kdua ibu bpknya, yg soleh. Dewasanya, dpekerjakn sbg budak, bekerja keras spanjang hari. Pahit getirnya roda khidupn, djalani dgn tenang & tabah. Senantiasa mghadiri majelis dzikir & mnghindari makanan haram, skalipun dlm ksusahn.

Hingga masanya, dgn rahmat Tuhan yg Mh Baik, brmulalah khidupn era baru dlm dirinya. Ia dmerdekakn dr prbudakn oleh tuannya tanpa tebusn speser apa pun.
Trlepaslah ia dr prbudakn kpd Tuan, mnuju pnghambaan total kpd Tuhan, cinta agungnya.

Kpergiannya k tanah suci mnunaikn ibdh haji, mrpkn langkah awal era barunya. Spulang haji, ia mnetap diri d kota Basrah, utk mngisi hidupnya dgn byk bribadah & mbantu sesama. Tdk sedikit org yg brkunjung kpdnya, utk mnimba ilmu & hikmah.
Pinangn kawin dr brbagai kalangan pria pun brdatangn. Semuanya dtolak dgn baik. Skalipun yg mminang adl Muhammad bin Sulaiman al-Hasyimi, seorg pmimpin Basrah, dgn cadangan mas kawin sbesar 100 ribu dinar emas d zamannya.
”Aku takut mrk akan mnyeretku secara halus dr cinta agungku kpd Tuhan ", bisiknya.

Tuhan telah brkata dlm hatinya :
“Jk engkau mnginginkn dunia ini, mk akan Aku berikan semua & Aku berkahi, tetapi Aku akan menyingkir dr dlm hatimu, sbb Aku tak mungkin brada d dlm hati yg mmiliki dunia ini.
Wahai Rabi’ah ... Aku mpunyai Khendak & begitu jg dgnmu. Aku tdk mungkin mnggabungkn 2 khendak itu d dlm satu hati.”

Dlm suatu kisah, sahabatnya Malik bin Dinar brkata pd Rabi’ah, “Aku memiliki teman2 yg kaya & jk engkau mbutuhkn bantuan aku akan mminta kpd mrk.”
Rabi’ah brkata, “Wahai Malik, engkau ini salah besar. Bukankah yg mberi makan mrk & aku sama ?”
Malik mnjwb, “Ya, mmg sama. Dialah Allah.”
Rabi’ah mngatakn, “Apakah Allah akan lupa kpd hamba-Nya yg miskin dkarenakn kmiskinannya ?
& Dia ingat kpd hamba-Nya yg kaya dkarenakn kkayaannya ?”
Malik mnyahut, “Tidak mungkin Tuhan demikian.”
Rabi’ah kembali mngatakn, “Krn Dia mngetahui keadaanku, mgp pula aku harus mngingatkan-Nya? Apa yang d-inginkan-Nya, kita harus mnerimanya dgn baik ...
Sungguh, aku sgt malu mminta kbutuhn duniawi kpd Pmilik dunia ini (Tuhan), bgmnlah aku harus mminta kpd yg bukan mmiliki dunia ini ?”

Munajatnya d malam hari :
Tuhanku ...
malam telah berlalu & siang segera mnampakkn diri.
Aku gelisah apakah amalanku Engkau terima,
hingga aku mrasa bahagia.
Ataukah Engkau tolak hingga aku mrasa bersedih.
Demi keagungn-Mu ...
sekiranya aku trusir dr depan pintu-Mu, aku tidak akan pergi.
Krn cintaku pd-Mu, telah Engkau penuhkn dlm hatiku.

Rabi’ah pernah dtanya org, apakah hakikat cinta itu ? Ia mjawab," Andaikn cintamu benar, artinya engkau mntaati-Nya. Krn org yg cinta akan selalu patuh kpd yg dcintai."
Seorg lelaki sufi pernah mperlihatkn karomahnya (kemuliaan dr Tuhan), dpt jalan & duduk di atas air.
Rabi’ah pun berkata, “Ketahuilah bhw apa yg kamu bisa buat, ikan pun bisa buat & aku yg diizinkn Allah bisa terbang di atas tanah, lalat pun bisa terbang ... Buatlah suatu yg lbh agung dr perkara yg luar biasa itu, yakni ktaatan & adab santun thd Allah.”

Rabi’ah jg pernah dtanya org, apakah ia mbenci syetan ? Ia mjawab, “Hati yg sdh Tuhan penuhkn dgn cinta hanya kpd-Nya, mnyebabkn syetan benci tanpa ia harus mbencinya."
D hujung umurnya yg semakin tua, sakit yg dderita telah mnjadikan tubuhnya lemah tdk brdaya. Seorg yg brkunjung brkata, "Brsabarlah, atas sakit yg engkau derita."
Jwb Rabi'ah, " Masih ada yg lbh indah drpd itu."
Yg lain brkata, "Redhalah, atas sakit yg engkau derita."
Jwb Rabi'ah, "Masih ada yg lbh indah drpd itu."
Yg lain pun ikut brkata, "Brsyukurlah, atas sakit yg engkau derita."
Jwb Rabi'ah, "Masih ada yg lbh indah drpd itu."
Semua yg hadir slg brpandangan & khabisn makna hikmah. Lalu brtanya, "Sebenarnya apakh yg engkau rasa dlm derita sakitmu itu ?"
Jwb Rabi'ah, "Cinta telah mbuat seseorg lupa atas deritanya sakit. Jk seorg hamba sdh lupa dgn derita, bgmn pula caranya utk brsabar, redha, & brsyukur ?"
Semua yg hadir tertunduk haru, mndengar jwbn hikmah itu.

Akhirnya ... Pertemuan indah yg selama ini dnantikannya pun tiba. Ruhnya telah kembali khadapn Allah, Tuhan cinta agungnya. Kota Basrah pun brkabung duka atas kpergiannya.
Ssdh kmatian Rabi’ah, seseorg pernah mmimpiknnya. Dia mlihat Rabi’ah dlm keadaan selamat sejahtera d alam kubur.
“Ya Rabi'ah, ceritakanlah bgmn keadaanmu d sana & bgmn engkau dpt lolos dr prtanyaan malaikat Munkar & Nakir ?”
Rabi’ah mnjawab, “Mrk datang mnghampiriku & brtanya, “Man Robbuka ? Siapakah Tuhanmu ?"
Aku katakn, “Kembalilah kalian brdua kpd Tuhan ... Mgp kalian tega brtanya spt itu kpdku ? D dunia saja, Tuhan tdk pernah mlupaknku wlwpun sesaat. Mgp pula d akhirat, Tuhan mlupakn hamba-Nya, perempuan tua ini ? Tuhan tdk mungkin lupa ..."

Firman Allah: “Dia mencintai mereka dan mereka mencintai-Nya” (QS. Al Maidah : 59)
Salam sejahtera utkmu ... Rabi'ah Al Adawiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar