Selasa, 25 Oktober 2016

Siddiqiyah

Siddiqiyah
Allah berfirman :
"Dan orang2 yg beriman kpd Allah dan rasulNya, mrk itu org2 siddiqin dan org2 yg mjd saksi di sisi Tuhan mrk. Bg mrk pahala dan cahaya mrk. Dan org2 kafir dan mendustakan ayat2 Kami, mrk itulah penghuni neraka"
Al hadid 19
Rasulullah saw bersabda
"Seseorg senantiasa benar dan menjaga yg benar, shg Allah mencatatny sebg shiddiq (org yg sangat benar), hr muslim.
Imam Ghazali berkata,
"Shiddiq berkaitan dg 6 perkara: benarnya lisan, benarnya niat, benarny tekad i'tikad dan tujuan, benar dalam menunaikan, benar dalam perbuatan, dan benar dlm maqom addien"
Tokoh yg berpredikat shiddiq pd generasi pertama adlh Abu Bakar al shiddiq ra, yg ketika masuk islam dia memiliki 40 ribu dirham dan tatkala wafatny, ia tak memiliki sedirham pun. Semuany habis diinfakkan di jalan Allah dan memerdekakan 7 budak yg disiksa lantaran masuk islam.
Adapun keutamaan hakiki syd Abu Bakar ra, diabadikan Allah dlm firmanNya
"kalau kamu sekalian tdk mau menolongnya (Muhammad), maka sesungguhnya Allah telah menolongnya, ketika orang2 kafir mengeluarkan orang kedua dr dua orang tatkala keduany berada di gua, ketika ia berkata pd sahabatnya : janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita" ,at taubah 40.
Mereka yang menduduki maqom shiddiqiyah, berkedudukan mulia di sisi Allah. Mereka adalah al sabiqun dan al muqarrabun.
Allah berfirman
" dan as sabiqun ( org2 yg paling dahulu beriman) itu adalah as sabiqun ( yang paling dahulu masuk surga). Mereka itulah al muqarrabun (orang2 yg dihampirkan/ didekatkan pd Allah)"
Al waqi'ah 10-11
*kajian ahad pagi,9 okt 2016, masjid mardiyah, UGM*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar