Sabtu, 26 Desember 2015

AKAL.

Telah sampai pula kepada kami bahwa ketika Allah SWT menciptakan akal, 

Allah berkata kepadanya : 
“Duduk!” lalu ia duduk. 
Berdiri!” Lalu ia pun berdiri. 
“Membelakangi!” ia membelakangi. 
“Menghadap!” ia pun menghadap. 
“Lihat!” ia melihat. 
“Bicara!” ia berbicara.
 “Diam!” ia pun diam. 
“Dengar!” ia mendengarkan. Dan 
“Pahami!” ia pun memahami. 

Maka Allah berfirman : 
“Demi kemulian-Ku, ketinggian, keagungan, kebesaran dan kekuasaan-Ku atas ciptaan-Ku. Aku tidak menciptakan sesuatu makhluk yang lebih mulia di sisi Ku, 
yang lebih Aku cintai dan lebih utama pada suatu kedudukan, dari pada mu. 
Karena melalui mu Aku di kenal, dengan mu Aku disembah dan dipuji. 
Lantaranmu Aku mengambil tindakan, melalui mu aku memberi, 
karena mu Aku menjatuhkan sangsi, 
untuk mu pahala dan atas mu siksaan.”

Sungguh, Allah SWT, 
telah mengistimewakan akal dengan kemuliaan, 
memberinya pekara yang agung dan 
menjadikan orang-orang yang berakal 
memiliki ketingian derajat 
serta yang paling terhormat di dunia dan akhirat.
kitab An-Nashaih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar