KEBAJIKAN-KEBAJIKAN.
Teks-teks Sufi klasik penuh dengan deskripsi tentang kebajikan.
Nanti saya akan menyebutkan beberapa Sufi awal ,
yang menulis tentang hal ini dan yang tulisan-tulisan nya berpuncak
pada karya Al-Ghazali , Ihya Ulum al-Din
(Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama),
karya etika spiritual yang paling penting dalam sejarah Islam.
Karena langkah-langkah menuju Allah atau perhentian-perhentian itu
dapat dihitung dalam berbagai cara dan
dilihat dari berbagai perspektif, jumlah perhentian dan urutannya
tidak sama dimana-mana.
Sebagian berbicara tentang tiga perhentian utama,
sebagian menyebut tujuh , ada yang empat puluh ,
dan bahkan lebih banyak.
Dalam bagian selanjutnya saya akan menyebutkan
beberapa perhentian utama , yang pemahaman mengenainya
akan membukakan pintu untuk memahami hal ini secara umum.
Tiga kebajikan utama Manusia Universal ,
atau bagi umat Islam Hakikat Muhammad ,
yang mencakup semua yang lain
dan yang ditemukan dalam cara tertentu
dalam setiap tradisi spiritual yang itegral dan autentik , adalah
kerendahan hati, kedermawanan,dan kemuliaan ,
serta ketulusan dan kejujuran.
Dari perspektif Sufi,
setip kebajikan ini diterangi oleh akal dan bukan sekedar sentimental.
Banyak orang menampakkan kerendahan hati
untuk menyembunyikan keangkuhan ego,
ini bukan kerendahan hati melainkan kemunafikan.
Tidak mengakui keunggulan diri dalam hal tertentu
menyangkut kebenaran seraya tetap bersikap rendah hati
juga sikap yang menentang akal dan pengetahuan tentang kebenaran.
Jika seseorang mengetahui bahwa akar pangkat dua dari sembilan
adalah tiga , lalu seseorang datang sembari bersikeras
menyatakan bahwa yang benar adalah dua,
maka bukanlah kerendahan hati spiritual untuk tidak bersikeras
atas kebenaran bahwa jawabannya adalah tiga
lantaran takut dianggap sebagai sombong.
Banyak kebenaran teologi yang hancur di dunia modern
akibat sikap mengorbankan kebenaran di altar kerendahan hati
yang sentimental dan tak berasalan.
Sebagai contoh ,
banyak teolog Kristen menolak untuk mengkritik
apa yang secara teologis keliru karena kerendahan hati palsu
sering digabungkan dengan rasa kasihan yang tetap kedap
terhadap kebenaran, dengan akibat bahwa kini tidak lagi mode
untuk berbicara tentang bid'ah teologis atau kebenaran
sebagaimana adanya.
Akan tetapi , dalam semua spiritualitas yang autentik ,
kebutuhan akan kebenaran adalah tuntutan tertinggi terhadap diri kita.
Demikian pula,
kedermawanan bukan sekedar pemberian yang sentimental
atas keinginan untuk merasa baik.
Agar kedermawanan bersifat spiritual,
ia harus didasarkan pada kesadaran metafisik bahwa
orang lain dalam pengertian terdalam adalah diri kita sendiri ,
dan bahwa di dalam memberi , kita juga mengatasi dinding ego
kita sendiri ,yang memisahkan kita dari orang lain.,
dan karena itu kita sebenarnya juga menerima.
Kebajikan ini tentu saja berkaitan dengan cinta dan belas kasihan
yang seperti disebutkan diatas , mengalir melalui nadi semesta.
Pertama-tama kita harus mencintai Allah , yang merupakan sumber
seluruh kasih sayang , agar tindakan kedermawanan kita
memiliki efek spiritual positif pada diri kita.
Adapun mengenai sikap mulia,
itu terkait erat dengan sikap kemurahan hati .
Menjadi mulia berarti memberi kepada diri sendiri ,
dan itu merupakan tanggung jawab di bahu kita.
Seperti pepatah Prancis, menegaskan, "noblense oblige," artinya
kemuliaan memikulkan kewajiban pada diri kita.
Kita berkewajiban menjadi dermawan
dan berbeda rasa demi mewujudkan kemuliaan kita sendiri
yang mungkin tersembunyi di bawah kulit egoisme.
Sikap jujur , dalam skema ini, adalah kebajikan tertinggi .
Seperti puncak sebuah segitiga yang sudut-sudut lainnya
adalah kerendahan hati dan kedermawanan ,
pencapaian kebenaran dari sesuatu , bersikap jujur,
dalam pikiran dan perbuatan , bersikap tulus, dan
tetap berpihak kepada kebenaran
- tidak peduli apa konsekuesinya mungkin bagi kita.
Tidak ada kebajikan yang lebih tinggi karena dalam bersikap jujur ,
kita menegaskan secara paling jelas watak teomorfik kita
karena Allah adalah Kebenaran.
Dengan mencapai kebajikan ini seutuhnya ,
kita menjadi siap untuk memasuki Taman Kebenaran.
#HSN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar