Minggu, 27 Desember 2015

JANGAN SEKADAR COBA-COBA!

JANGAN SEKADAR COBA-COBA!

Allah SWT pernah berfirman kepada Dawud a.s.:
“Aku pernah mengajarkan kepada Bani Isra’il bahwa 
Aku dengan seluruh makhluk-Ku tak ada hubungan nasab sama sekali. 
Namun, 
mereka sangat berhasrat untuk berada di sisi-Ku, 
sehingga Aku memperkenankan mereka untuk mendapatkan 
apa yang tak terlihat mata, 
apa yang tak terdengar telinga, dan 
apa yang tak pernah terlintas dalam hati manusia. 

Letakkan Aku di antara kedua belah matamu, 
lalu lihatlah Aku dengan mata batinmu. 
Janganlah kamu melihat orang-orang yang akalnya terselubung hijab 
dengan indera penglihatan yang berada di kepala mereka. 
Sebab, 
pandangan akal mereka sudah penuh dengan polusi 
karena terputus dari pahala-Ku.

Aku bersumpah demi kemuliaan dan keagungan-Ku, 
Aku tidak akan membuka pahala-Ku bagi hamba yang menaati-Ku 
hanya sekadar coba-coba, 
sekadar mencari pengalaman, atau 
sekadar berkeinginan (untuk taat) 
namun tak melakukan apa pun. 

Rendahkan dirimu terhadap orang yang kamu beri pelajaran. 
Jangan pernah berbuat aniaya atau takabur 
terhadap orang-orang yang berkehendak menuju kepada-Ku (al-murîdîn). 

Andai saja para pecinta-Ku tahu posisi mereka di sisi-Ku, 
niscaya para pecinta-Ku itu menjadi bumi, 
tempat dimana mereka biasa berjalan di atasnya.”

--Imam Al-Ghazali 
dalam Kitab Al-Mahabbah wa al-Syawq wa al-Uns wa al-Ridha,
 Ihya Ulumuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar