Rabu, 30 Desember 2015

~ Hakekat Pernikahan Sebagai Sarana Menemui Allah ~ .

~ Hakekat Pernikahan Sebagai Sarana Menemui Allah ~
.

Dalam Al Qur’an dan hadits, 
Allah telah menjelaskan secara tersirat 
tentang metode untuk menemui Allah dan melihat Allah (Ru’yatullah) yaitu :

.Al-Kahfi ayat 110 :

“……. barang siapa yang mengharapkan menemui Tuhannya, 
maka kerjakanlah amal shaleh dan 
janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada-nya”.

.Pada ayat tersebut di atas terdapat kalimat “amal shaleh”.

Apakah yang dimaksud dengan “amal shaleh” itu ?

Kata “amal” mempunyai arti perbuatan atau metode atau cara.

Sedangkan istilah “shaleh” yang seakar dengan kata “shalah” dan “shalat” 
mempunyai makna hubungan atau penghantar.

Jadi

“Amal shaleh” mempunyai arti suatu perbuatan atau metode 
yang dapat menghantarkan seseorang kepada pengalaman bertemu Allah.

Amal yang shaleh pada hakekatnya adalah 
amal atau perbuatan atau metode yang telah dicontohkan oleh para Utusan Allah 
dalam usahanya untuk mengadakan pertemuan dengan Tuhannya.

Dan yang harus diingat adalah bahwa 
jumlah para Rasul dan Nabi yang diutus oleh Allah adalah sangat banyak, 
dan tidaklah mungkin semuanya itu diutus hanya di satu daerah tertentu saja.
Allah telah menurunkan para Utusan-Nya itu ke berbagai penjuru dunia.

Dan tidak tertutup kemungkinan 
Allah juga pernah menurunkan Utusan-Nya di negeri Cina atau Shindustan, 
sehingga Nabi Muhammad Saw memerintahkan umat Islam pada waktu itu 
untuk belajar ilmu di negeri tersebut.

Dalam Al Qur’an dan hadits, 
Allah telah menjelaskan secara tersirat 
tentang metode untuk menemui Allah (Liqa’ Allah) 
dan melihat Allah (Ru’yatullah) yaitu :

.“Dan berapa banyak Kami telah mengutus Nabi-Nabi pada umat terdahulu… “. 
(QS Az Zukhruf 43 : 6)
“Ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan tentang mereka kepada kamu sebelumnya, dan Rasul-Rasul yang tidak kami kisahkan tentang mereka kepadamu…… “. 
(QS an Nisa 4 : 164).
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu 
suri tauladan yang baik bagimu, 
yaitu orang-orang yang mengharap pertemuan dengan Allah 
dan hari Akhirat dan banyak mengingat Allah”. 
(QS Al Ahzab 33 : 21)

“Dan tiap-tiap umat ada Rasul Allah….”. (QS Yunus 10 : 47).

.Untuk mencapai pertemuan dengan Allah 
diperlukan usaha dari setiap manusia 
dengan bimbingan seorang Guru Mursyid 
yang telah mencapai derajat Ma’rifatullah 
atau yang telah mengalami pengalaman bertemu Allah 
dengan berpedoman kepada kitab-kitab Suci 
yang telah diturunkan kepada umat manusia.

Prosesi Menemui Allah 
yang telah dicontohkan oleh para Rasul, Nabi dan Para Pewaris Nabi, 
pada intinya mempunyai satu kesamaan yaitu 
kita harus dapat melakukan prosesi mengulang kembali 
ke awal mula penciptaan manusia.

.“Dan sesungguhnya kamu datang menemui Kami dengan sendirian 
seperti Kami ciptakan kamu pada awal mula kejadian 
dan kamu akan meninggalkan dibelakangmu 
semua apa yang Kami karuniakan kepadamu….. “. 
(QS Al An ‘am 6 : 94).

“Mereka dihadapkan kepada Tuhanmu dengan berbaris. 
Sesungguhnya kamu datang menemui Kami 
seperti Kami telah menciptakan kamu pada awal mula kejadian, 
bahkan kamu menyangka bahwa Kami tiada menetapkan janji bagi kamu “. 
(QS Al Kahfi 18 : 48).

“Perempuan-perempuan kamu (istri-istrimu) adalah seperti ladang bagimu, 
maka datangilah ladangmu sebagaimana kamu kehendaki 
dan kerjakanlah kebajikan untuk dirimu, 
bertaqwalah kepada Allah dan 
ketahuilah bahwa kamu akan menemui-Nya, dan 
sampaikanlah berita gembira untuk orang-orang yang beriman “. 
(QS Al Baqarah 2 : 223).

“Dan mereka menanyakan kepadamu tentang haid. 
Katakanlah, “itu adalah penyakit atau kotoran”. 
Sebab itu hindarilah perempuan selama masa haid 
dan janganlah dekati mereka sebelum suci.
 Bila mereka telah suci, 
maka campurilah mereka itu sebagaimana yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat 
dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri“. 
(QS Al Baqarah 2 : 222).

.

….. Ketika kami sedang berada disisi Rasulullah, tiba-tiba beliau bertanya :

“Adakah orang asing diantara kamu ?”.

Kemudian beliau bersabda :

“Angkat tangan kamu dan tutuplah pintumu”. (HR Al Hakim)

“Tutuplah pintumu dan ingat Allah”. (HR Bukhari).

.
Dalam memahami proses kembali ke awal mula penciptaan manusia, 
kita sering terjebak dalam cerita atau kisah-kisah yang bersifat simbolis 
sehingga terjadi penyimpangan dalam menafsirkan dan menerapkannya.

Oleh sebab itu dalam memahami 
prosesi kembali ke awal mula penciptaan manusia, 
kita harus berpegang pada pedoman sebagai berikut :

.Pertama :

Setiap Kitab Suci mempunyai ayat-ayat yang bersifat Mukhamat dan Muthasyabihat.

“Dialah yang menurunkan Al Kitab kepada kamu. 
Diantara isinya ada ayat-ayat yang mukhamat, 
itulah pokok-pokok isi Al Qur’an dan 
yang lain adalah ayat-ayat mutasyabihat……”. 
(QS Ali Imran 3 : 7).

 Kedua :

Setiap ayat yang mengisahkan tentang proses kembali ke awal mula penciptaan manusia, selalu mengandung pengertian yang berpasangan baik lahir maupun batin serta mengandung banyak perumpamaan atau amtsal.

.– “Dan Kami ciptakan segala sesuatu berpasangan-pasangan 
supaya kamu mendapatkan pengajaran”. 
(Ad Dzariyat 51 : 49).

– “Maha Suci Allah yang telah menciptakan segala sesuatu berpasangan-pasangan 
diantara yang tumbuh di bumi dan pada diri mereka 
dan dari apa yang mereka yang tidak diketahui” 
(QS Yasin 36 :36).

– “Sesungguhnya Kami telah menjelaskan berulangkali kepada manusia dalam Al Qur’an ini bermacam perumpamaan tetapi kebanyakan manusia engganmenerimanya kecuali ingkar”. (QS Al Isra 17 : 89).

– “Dan sesungguhnya telah Kami buat dalam Al Qur’an ini 
bermacam-macam perumpamaan untuk manusia. 
Dan sesungguhnya jika kamu membawa kepada mereka suatu bukti, 
pastilah orang-orang yang kafir itu akan berkata : 
Kamu tidak lain hanyalah orang-orang yang membuat kebohongan belaka”.
 (QS Ar Rum 30 : 58).

– “Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia 
dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu”. 
(QS Al Ankabut 29 : 43)

.Ketiga :

Setiap Kitab Suci, ditujukan untuk manusia yang masih hidup, 
sehingga apa yang diperintahkan, 
dalam Kitab Suci harus bisa dilaksanakan oleh manusia 
ketika dia masih hidup di atas dunia.

Berdasarkan tiga pedoman tersebut, 
kita akan coba untuk membahas ayat-ayat 
yang menjelaskan metode untuk menemui dan melihat Allah.

Dalam surat Al-kahfi 18 : 110 telah dijelaskan bahwa 
apabila seorang manusia ingin berjumpa dengan Allah selagi masih hidup di dunia, 
maka ia harus melakukan “amal shaleh”.

Kata amal mempunyai arti :
 perbuatan, metode, cara atau laku, 
sedangkan kata shalih mempunyai arti hubungan, sambungan atau antaran.

Jadi pengertian amal shaleh adalah 
suatu perbuatan atau metode 
yang dapat mengantarkan atau menghubungkan kita 
kepada pengalaman bertemu dan melihat Allah.

Berdasarkan surat Al An”am 6 : 94 Allah telah memberitahukan bahwa 
proses bertemunya seorang manusia dengan-Nya adalah 
seperti ketika manusia diciptakan pada awal mula kejadian.

Dengan dalil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa 
intisari dari metode amal shalih adalah 
suatu proses pengulangan kembali ke awal mula 
kejadian penciptaan seorang manusia.

.Bagaimanakah proses awal mula penciptaan seorang manusia ?

.Dan apa hubungannya dengan proses bertemunya seorang manusia dengan Allah. 
Untuk membahasnya, 
marilah kita lihat sejarah hidup Nabi Muhammad Saw 
dalam mencari keberadaan Sang Khaliknya.

Sejak lahir sampai berumur 25 tahun, 
beliau telah diajarkan dan didoktrin 
oleh para pemuka agama kaum Quraisy bahwa 
Tuhan yang harus disembah adalah Tuhan-Tuhan 
yang berwujud patung-patung yang mempunyai nama 
antara lain Lata Uza, Manata dan lainnya.

Dalam diri Muhammad pada waktu itu tidak mempercayai ajaran tersebut, 
sehingga beliau meminta ijin kepada istrinya Siti Khodijah untuk bertahanuts atau beruzlah mengasingkan diri ke dalam gua Hira dilereng Gunung Cahaya (Jabal Nur) 
dengan tujuan untuk mencari Tuhan yang sebenarnya.

Selama berbulan-bulan beliau bertahanuts di Gua Hira, 
tetapi belum juga menemukan cara untuk bertemu sekaligus mengenal Sang Khalik.

Tetapi berkat usaha beliau yang tidak kenal menyerah, akhirnya di usia ke 40 tahun, beliau mendapatkan wahyu yang pertama kali dari Allah yang isinya adalah 
perintah untuk membaca, merenungkan dan mempelajari 
proses awal mula penciptaan diri seorang manusia.

.“Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan. 
Dia menciptakan manusia dari Alaqah. 
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Pemurah. 
Yang mengajari manusia dengan Qalam. 
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya”. 
(QS Al Alaq 96 : 1-5).

.Berdasarkan dalil tersebut, marilah kita renungkan,

Muhammad pada waktu itu bertahanuts di Gua Hira dengan tujuan untuk mencari, menemui dan mengenal keberadaan Sang Khalik yang sebenarnya, 
walaupun beliau tidak mengetahui cara atau metode 
untuk bertemu dengan Sang Khalik.

Untuk maksud tersebut, 
akhirnya Allah memerintahkan agar beliau 
mempelajari proses awal mula penciptaan seorang manusia dari Al Alaqah.

Tentunya Muhammad pada waktu itu bertanya dalam qalbunya, 
apakah hubungan antara proses awal mula penciptaan manusia dari Al Alaqah 
dengan proses bertemunya seorang manusia dengan Allah ?

Dengan kecerdasan yang dimiliki oleh beliau dan pengajaran yang diajarkan oleh Allah, akhirnya beliau menemukan jawabannya, 
sehingga akhirnya beliau dapat bertemu dan 
melihat Allah untuk pertama kalinya di Gua Hira.

Kemudian selanjutnya beliau selalu mendapatkan pengajaran dari Allah 
berupa wahyu-wahyu sampai beliau berusia 63 tahun.

Demikianlah sekilas sejarah hidup Nabi Muhammad Saw dalam mencari Tuhannya.

Dari sejarah Nabi Muhammad Saw tersebut, 
kita dapat mengambil kesimpulan bahwa 
untuk bertemu dengan Allah kita harus mempelajari 
proses awal mula penciptaan diri yang bermula dari Al Alaqah.

Kata Alaqah mempunyai dua arti yaitu pertama, 
cinta kasih yang melekat. 
Arti yang kedua adalah segumpal darah.

Dari dua pengertian tersebut, 
dapat disimpulkan bahwa 
proses penciptaan manusia bermula dari rasa cinta Allah kepada makhluk-Nya.

Hal ini sesuai dengan Hadits Qudsi :

.“Aku dahulu adalah permata yang tersembunyi. 
Aku rindu untuk dikenal, 
maka Aku ciptakan makhluk agar ia mengenal-Ku”. (HR. Bukhari).

.Rasa cinta Allah kepada makhluk-Nya itu kemudian diberikan kepada ayah ibu kita sehingga timbullah rasa cinta diantara keduanya, 
yang kemudian dilekatkan dalam sebuah ikatan perkawinan.

Kemudian mereka melakukan persenggamaan sehingga 
terjadilah penyatuan dua rasa cinta yang dilebur menjadi satu.

Dalam persenggamaan tersebut terjadilah pelepasan spermatozoa dari ayah, 
yang selanjutnya mereka bergerak menuju pasangannya yaitu
 ovum atau sel telur yang berada di dalam rahim.

Setelah mereka bertemu maka sperma akan bergerak mengelilingi sel telur 
sebanyak tujuh kali mirip gerakan Thawafnya para jamaah haji. 
Setelah itu barulah sperma berusaha untuk menembus lapisan pelindung sel telur 
dan jika berhasil maka 
terjadilah penyatuan antara sel telur dengan sperma (nutfah) 
yang akan mengakibatkan pembuahan 
yang selanjutnya membentuk segumpal darah atau Al Alaqah 
yang merupakan cikal bakal janin bayi manusia.

Selanjutnya Alaqah tersebut berproses menjadi mudghah, izhamah dan lahmah kemudian baru menjadi bayi yang sempurna secara jasmaniyah, kemudian Allah meniupkan Ruh-Nya kedalam janin bayi tersebut.

Ketika berada di dalam rahim, 
sang bayi mengalami keadaan dimana semua aktifitas inderawinya tidak berfungsi 
secara sempurna. 
Atau dengan kata lain, 
lubang-lubang inderawinya masih tertutup 
karena sang bayi berada dalam air ketuban (omnium water) 
selama kurang lebih 9 bulan, 
sampai akhirnya sang bayi lahir ke alam dunia ini.

Berdasarkan uraian tersebut, 
dapat disimpulkan bahwa proses awal mula penciptaan seorang manusia 
melalui dua tahapan yaitu tahap pertama berasal dari cinta kasih seorang pria dan wanita yang saling dilekatkan dengan ikatan perkawinan dan persenggamaan.

Tahap kedua, yang merupakan lanjutan dari tahap pertama yaitu
segumpal darah yang melekat di dinding rahim 
yang terus berproses menjadi janin bayi 
yang terendam didalam air ketuban selama 9 bulan.

Dalam surat Al An’am 6 : 94 telah diisyaratkan bahwa 
proses bertemunya seorang manusia dengan Allah adalah 
seperti proses awal mula penciptaan diri manusia itu sendiri, 
yaitu persenggamaan kedua orang tuanya 
dan segumpal darah yang kemudian menjadi bayi 
yang berada dalam kandungan ibunya.

.Mungkin timbul dua pertanyaan dalam diri kita,

– Pertama, 
apa hubungannya antara persenggamaan 
dengan proses bertemunya seorang manusia dengan Allah?

– Pertanyaan kedua, 
apa hubungannya antara proses penciptaan janin bayi dalam kandungan 
dengan proses bertemunya seorang manusia dengan Allah?

.** Inilah masalah yang selama ini dirahasiakan oleh Nabi Muhammad Saw **

.“Janganlah engkau berikan ilmu ini kepada yang tidak membutuhkan, 
karena itu adalah perbuatan zhalim. 
Tetapi jangan engkau tidak berikan ilmu ini kepada yang membutuhkan, 
karena itu juga perbuatan zhalim”. (Al Hadits) .

Seorang sahabat yang bernama Abu Hurairah juga pernah berkata :

.“Aku hafal dua karung (kitab) hadits dari Rasulullah Saw. 
Yang satu karung (kitab) sudah aku siarkan kepada kalian semua. 
Sedang yang satu lagi kalau aku siarkan, niscaya dipotong orang leherku”. ( HR Bukhari).

.Berdasarkan dalil tersebut, 
dapat disimpulkan bahwa ada kitab hadits yang disembunyikan oleh Abu Hurairah, 
yang kemudian diajarkan hanya kepada orang yang terpilih 
yang terus diwariskan sampai ke generasi sekarang. 
Sebagian besar isi dari kitab hadits tersebut 
berkaitan dengan masalah metode untuk melihat Allah dan bertemu dengan-Nya, 
melalui proses pengulangan awal mula kejadian penciptaan manusia.

Dengan niat yang baik, 
penulis mencoba menyingkap masalah tersebut dengan dasar Al Qur’an dan Hadits :

.“Dan janganlah engkau sembunyikan kebenaran itu, padahal engkau mengetahuinya”. (QS Al Baqarah 2 : 42).

“Sampaikanlah kebenaran itu walaupun pahit”. (HR Bukhari).

“Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan 
atau merahasiakan keterangan-keterangan dan petunjuk-petunjuk 
yang telah Kami turunkan setelah Kami menjelaskannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknat Alllah dan dilaknat pula oleh mereka yang melaknat 
kecuali orang-orang yang telah bertaubat, berbuat kebaikan 
dan menerangkan apa-apa yang mereka sembunyikan, 
maka mereka itulah yang Aku terima taubatnya 
dan Akulah Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” 
(QS Al Baqarah 2 : 159-160).

“Sampaikanlah dariku, walaupun satu ayat”. (Al Hadits)

.Di dalam Al Qur’an, 
Allah telah mengisyaratkan hubungan antara persenggamaan 
dengan proses bertemunya seorang manusia dengan Allah, yaitu :

.“Perempuan-perempuan kamu (istri-istri kamu) adalah 
seperti tempat bercocok tanam bagimu, 
maka datangilah tempat bercocok tanam milik kamu itu 
sebagaimana kamu kehendaki. 
Dan buatlah kebaikan untuk dirimu dan 
bertakwalah kepada Allah dan 
ketahuilah bahwa 
sesungguhnya kamu akan menemui-Nya dan 
sampaikanlah berita ini gembira untuk orang-orang yang beriman”. 
(QS Al Baqarah 2 : 223).

.Sebagian besar mufasirin menafsirkan ayat tersebut 
termasuk ayat yang bermakna mukhamat artinya 
jelas dan terang sesuai dengan teksnya.

Tetapi apabila kita teliti lebih lanjut, 
terdapat satu keanehan yang tersirat dalam ayat tersebut, 
yaitu pada awalnya ayat itu berbicara tentang masalah persenggamaan (berjima’)
 antara seorang suami dengan istri istrinya, 
tetapi tiba-tiba diakhir ayat tersebut terdapat kalimat :

.“dan ketahuilah bahwa 
sesungguhnya kamu akan menemui-Nya dan 
sampaikanlah berita gembira ini kepada orang-orang beriman”

.Tentunya kita bertanya, 
Apa hubungannya antara persenggamaan 
dengan kabar gembira bahwa kita akan menemui Allah?

Mengapa Allah menggabungkan 
antara permasalahan tatacara bersenggama (berjima’) 
dengan masalah proses menemui-Nya dalam satu ayat ?

Adakah makna yang tersirat dari ayat tersebut ?

Inilah permasalahan yang akan kita coba bahas dengan hati-hati, 
karena hal ini merupakan masalah yang sangat sensitif 
yang bisa menimbulkan kesalafahaman dan fitnah, 
seperti yang terjadi pada penulisan kitab “Darmogandul” dan Kitab “Gatoloco” 
yang menjadi polemik pada waktu itu sampai sekarang ini.

Proses bertemunya seorang manusia dengan Allah 
adalah melalui suatu proses 
yang mirip dengan proses awal mula penciptaan manusia 
(surat Al An’am 6 ayat 94).

Kata “mirip” inilah yang harus diperhatikan dan dipahami dengan benar. 
Kata “mirip” ini merupakan terjemahan dari kata “kamaa”.

Kita sering tidak menyadari arti kata “kamaa” ini.

Dalam bahasa Arab, 
kata “kamaa” mempunyai banyak arti yaitu seperti, sebagaimana, bagaikan atau mirip.

Dari arti ini dapat disimpulkan, 
bahwa proses bertemunya seorang manusia dengan Allah 
adalah seperti proses penciptaan awal mula kejadian manusia 
yaitu yang diawali dengan persenggamaan antara ayah ibu kita 
adalah bukan dalam arti yang sebenarnya, 
tetapi proses tersebut hanya bersifat mirip 
dengan proses awal mula penciptaan manusia (persenggamaan). 

Bagaimanakah kemiripannya ?

Untuk memahami permasalahan tersebut, 
kita harus menyadari bahwa 
Allah telah menciptakan segala sesuatu dengan berpasangan 
(QS 51 : 49)

Demikian juga diri kita, juga diciptakan dengan berpasangan,

“Maha Suci Allah yang telah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, 
baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi 
dan dari diri mereka 
maupun dari apa yang tidak mereka ketahui”. 
(QS Yasin 36 : 36)

Pada bagian akhir ayat tersebut dijelaskan bahwa 
kita tidak mengetahui secara keseluruhan apa saja yang diciptakan Allah 
secara berpasangan. 
Tegasnya, masih banyak yang diciptakan secara berpasangan 
yang belum diketahui oleh kita, 
salah satunya adalah tentang diri kita sendiri yang ternyata juga berpasangan.

Diri kita yang bersifat jasmani mempunyai pasangannya yaitu diri yang bersifat ruhani. Diri jasmani kita juga mempunyai pasangan secara jenis kelamin, yaitu pria dan wanita.

Dalam pandangan ahli hakikat, 
pada diri setiap manusia, terdapat syimbol kelakian dan kewanitaan, 
baik secara genital maupun secara sifat. 

Secara genital kelakian diberi tanda khusus 
dengan organ yang berbentuk “huruf alif” atau “lingga” atau “alu”. 
Sedangkan genital kewanitaan diberi tanda khusus 
dengan organ vital yang berbentuk “huruf ba” atau “Yoni” atau “lumpang”.

Dalam bahasa Arab, 
organ vital kelakian di sebut Ad-Dzakar, 
sedangkan organ vital kewanitaan disebut Al-Untsa.

Sifat kelakian disebut dengan istilah Ar-Rizal, 
sedangkan sifat kewanitaan disebut dengan istilah An-Nisa.

Setiap diri manusia juga mempunyai dua syimbol kelakian dan kewanitaan sekaligus (aprodite), yaitu 
tujuh lubang inderawi yang ada di kepala dan tiga lubang yang ada di badan 
sebagai syimbol kewanitaan, dan 
sepuluh jari tangan sebagai syimbol kelakian. 

Inilah makna syimbolis dari hakikat istri, yang di isyaratkan dalam Al Qur’an :

.”Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya, 
Dia menciptakan untuk kamu istri dari anfusmu sendiri……..”. (QS Ar Rum 30 : 21)

“Dia menciptakan kamu dari diri yang satu, 
kemudian Dia menjadikan daripadanya istrinya……”. (QS Az Zumar 39 : 6)

“Hai sekalian manusia, 
bertakwalah kamu kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu 
dari diri yang satu dan daripadanya Allah menciptakan istrinya….”. 
(QS An Nisa 4 : 1)

Tujuh lubang inderawi yang ada dikepala manusia 
merupakan tempat berkumpulnya empat rasa inderawi yaitu 
pendengaran, penglihatan, penciuman dan pengucapan, 
oleh ahli hakikat dianggap sebagai syimbol “empat istri” yang harus dinikahi 
secara keseluruhan atau poligami, 
agar ke empat hawa nafsu 
yang ada pada lubang-lubang telinga, mata, hidung dan mulut 
dapat dipimpin dan dikendalikan oleh sang suami.

“Dan jika kamu takut tidak dapat berlaku adil terhadap perempuan yatim, 
hendaklah kamu menikahi siapa saja 
di antara perempuan-perempuan yang kamu sukai 
dua, tiga, atau empat 
tetapi jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil,
maka nikahilah seorang saja 
atau kamu mengambil budak-budak perempuan yang kamu miliki………”. 
(QS An Nisa 4 : 3)

.Seorang lelaki yang dapat mempunyai empat istri 
dan dapat mengendalikan dan memimpin ke empat istrinya 
adalah type seorang muslim yang terbaik, 
hal ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad Saw :

Dari Sa’id bin Jubair, ia berkata : Ibnu Abbas berkata kepadaku :

“Apakah engkau telah menikah?”

Aku menjawab : “Belum”.

Ia berkata : “Menikahlah,

Karena sesungguhnya sebaik-baiknya orang Islam adalah 
yang lebih banyak istrinya. (HR Bukhari dan Ahmad).

.Secara syimbolis dalil tersebut menjelaskan tentang hakikat
dari keberadaan hawa nafsu 
yang berada disetiap lubang telinga, mata, hidung dan mulut.

Ke-empat inderawi (telinga-mata-hidung-mulut) 
merupakan syimbol dari perempuan yatim,

Artinya perempuan yang hidup sendirian 
(yatim=sendiri, satu-satunya atau tidak berbapak).

Aktifitas mendengar, melihat, mencium dan mengucap, mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan sendirinya (yatim), 
karena mereka sudah diprogram oleh Allah 
untuk menjalankan fungsinya sesuai dengan perintah-Nya.

Telinga hanya berfungsi untuk mendengar,

Mata hanya berfungsi untuk melihat,

Hidung hanya berfungsi untuk mencium,

Mulut hanya berfungsi untuk mengucap dan mengecap saja.

Singkatnya fungsi inderawi mereka tidak akan tertukar diantara mereka.

.Hal ini yang diisyaratkan dalam firman-Nya :

“Dan sungguh Kami telah mencptakan 
di atas (kepala) kamu tujuh (lubang) jalan (aktifitas inderawi).
Dan tidaklah Kami lalai memelihara (fungsi inderawi) yang Kami ciptakan itu”. 
(QS Al Mu’minun 23 : 17)

Setiap inderawi mempunyai kebutuhan yang sangat fithrah yang harus dipenuhi. 
Apabila kebutuhan itu terpenuhi dengan baik 
maka ia akan bahagia atau sebaliknya ia akan tidak bahagia 
apabila kebutuhannya tidak terpenuhi.

.Kebutuhan mata adalah melihat.

Kebutuhan telinga adalah mendengar.

Kebutuhan hidung adalah mencium

Kebutuhan mulut adalah mengucap dan mengecap.

.Semua kebutuhan itu harus dipenuhi dengan adil, 
tetapi kadang kita tidak bisa berbuat adil, 
misalnya kita hanya mendahulukan kepentingan salah satu inderawi saja 
dibandingkan kebutuhan inderawi lainnya atau 
kita hanya mempercayai salah satu inderawi saja 
dibandingkan mempercayai inderawi lainnya.

Inilah yang diisyaratkan secara syimbolis dalam firman-Nya :

“Dan kamu tidak akan dapat berlaku adil diantara istri-istrimu 
walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, 
maka janganlah kamu terlalu cenderung 
kepada istri yang kamu cintai 
sehingga engkau biarkan isrtri yang lain seperti tergantung (terlupakan)……….”. 
(QS An Nisa 4 : 129)

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, 
kadang para istri atau wanita menjadi sumber fitnah dan dosa, 
karena mereka banyak menuntut kebutuhannya secara berlebihan, 
sehingga Nabi Muhammad Saw pernah bersabda :

.“Aku tidak meninggalkan umatku fitnah yang kebih berbahaya buat lelaki 
lebih dari fitnah yang dibawa kaum wanita”. (Al Hadits) .

“Bumi ini subur dan indah. 
Dan Tuhan telah menyerahkan amanah kepada kalian di muka bumi ini. 
Jika muncul godaan di dunia, berhati-hatilah kalian. 
Dan berhati-hatilah terhadap wanita, 
karena fitnah pertama yang menimpa bangsa Isarail adalah fitnah wanita”. (HR Muslim).

.Secara syimbolis, 
hadits tersebut menjelaskan bahwa 
keinginan dari hawa nafsu yang ada di lubang inderawi kita, 
bisa juga menjadi perangkap syeitan 
(syeitan adalah sifat menjauh atau merenggang dari kebenaran) 
yang seringkali menimbulkan permasalahan 
karena kita akan terus mengikuti kemauannya 
dan selalu memenuhi kebutuhannya, 
sehingga kita akan menjauh dari nilai-nilai kebenaran.

Misalnya, 
kita selalu menuruti apa saja yang yang diinginkan oleh mulut, 
sehingga kita makan secara berlebihan 
tanpa mempedulikan apakah makanan itu halal atau haram, thayib atau tidak.

Untuk mengatasi masalah tersebut Allah telah memberikan jalan keluarnya yaitu agar setiap lelaki atau suami selalu mengendalikan dan 
memimpin wanita atau istri-istrinya atau 
hawa nafsunya yang terdapat pada telinga, mata hidung dan mulut.

.“Lelaki adalah pemimpin atas para wanita 
karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) 
atas sebahagian yang lain (wanita)…..”. (QS An Nisa 4 : 34)

.Siapakah sang suami atau lelaki secara hakekat ?

.Secara hakikat syimbol “suami atau lelaki” adalah jari-jari tangan kita. 
Hanya jari-jari tangan kitalah yang dapat mengendalikan hawa nafsu 
atau keinginan yang berlebihan yang timbul dari ke empat istri kita yaitu 
telinga, mata, hidung dan mulut, 
dengan cara mengihramkan (melarang) mereka untuk beraktifitas 
seperti yang diisyaratkan dalam gerakan takbiratul ihram 
dalam setiap awal ibadah shalat.

Ketika keinginan untuk 
mendengar, melihat, mencium dan mungucap atau mengecap sudah sangat berlebihan, maka satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah 
dengan menutup lubang-lubang inderawi tersebut dengan jari-jari tangan kita, 
dengan gerakan takbiratul ihram (takbir larangan).

Dengan tertutupnya lubang-lubang inderawi kita 
maka secara berangsur-angsur 
keinginan hawa nafsu dari para istri mulai menghilang.

Gerakan takbiratul ihram secara syimbolis juga mengisyaratkan 
hubungan antara “pernikahan atau perkawinan” syimbol kelakian 
yaitu jari-jari tangan, 
dengan syimbol kewanitaan 
yaitu lubang-lubang inderawi, 
dengan proses pertemuan dengan Allah, 
seperti yang diisyaratkan dalam firman-Nya :

.“Istri-istrimu adalah seperti ladang (tempat bercocok tanam) bagimu, 
maka datangilah ladangmu (tempat bercocok tanammu) 
sebagaimana kamu sukai dan buatlah kebaikan untuk dirimu dan 
ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan menemui-Nya dan 
sampaikanlah kabar gembira ini untuk orang-orang yang beriman”. 
(QS Al Baqarah 2 : 223)

.Ayat tersebut apabila ditafsirkan secara syimbolis, akan mempunyai arti sebagai berikut :

.Pertama :

Kata “istri-istri” dalam ayat tersebut mempunyai makna syimbolis 
tujuh lubang inderawi yang berada di kepala manusia.
 Sedangkan kata ganti kamu, 
pada ayat tersebut mempunyai makna syimbolis sepuluh jari tangan manusia.
.
Kedua :

Pada ayat tersebut terdapat kalimat

“Perempuan-perempuan (istri-istri) kamu adalah ladang bagi kamu. 
Maka datangilah ladangmu sebagaimana kamu kehendaki”.

Kalimat tersebut mempunyai arti syimbolis bahwa 
ketujuh lubang inderawi kita adalah ladang bagi sepuluh jari tangan. 
(Ladang adalah tempat untuk bercocok tanam, 
apabila tempat itu cocok untuk ditanam dengan satu jenis tanaman tertentu 
maka ditanamlah tanaman tersebut).

Hal ini berarti tujuh lubang inderawi yang ada di kepala adalah 
tempat yang cocok bagi jari-jari tangan untuk ditanamkan di lubang-lubang tersebut sesuai dengan keinginan kita. 

Bagaimana mencocokkannya, silahkan tanya kepada ahlinya.

 .Ketiga :

Pada ayat tersebut juga terdapat kalimat

“Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan menemui-Nya”.

Kalimat ini mempunyai arti simbolis, bahwa 
ketika jari-jari tangan sudah ditanamkan ke dalam lubang-lubang inderawi 
maka dalam posisi demikian sesungguhnya 
kita sedang melakukan prosesi untuk bertemu dengan Allah.

Jadi prosesi menemui Allah dapat terjadi 
ketika simbol kelakian (jari-jari tangan) dipertemukan dengan symbol kewanitaan yaitu lubang-lubang inderawi. 

Inilah yang dimaksud dengan hakikat pernikahan “Bil yad” 
(pernikahan dengan mempergunakan tangan) atau “sirri” atau “rahasia”, yaitu 
pernikahan yang bersifat rahasia antara jari-jari tangan dengan lubang inderawi 
yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri.

.Keempat :

Pada akhir ayat tersebut terdapat kalimat

“Dan sampaikanlah berita gembira ini kepada orang-orang yang beriman”.

Kalimat ini mempunyai arti simbolis bahwa 
prosesi menemui Allah yang diisyaratkan dalam surat tersebut 
harus disebarluaskan kepada orang-orang yang beriman sebagai kabar gembira, 
agar mereka dapat mengetahui dan melaksanakan tatacara 
menemui Allah tersebut selagi mereka masih hidup di atas dunia.
..

9 Komentar
20 Agustus 2012

An Nur 35
Surat Annur (24) : 35
اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لا شَرْقِيَّةٍ وَلا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ نُورٌ عَلَى نُورٍ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الأمْثَالَ لِلنَ

ّاسِ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. 
Perumpamaan cahaya Allah, 
adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, 
yang di dalamnya ada pelita besar. 
Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) 
seperti mutiara, 
yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, 
(yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) 
dan tidak pula di sebelah barat (nya), 
yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, 
walaupun tidak disentuh api. 
Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), 
Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, 
dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, 
dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Bang, 
bagaimana pengartian atau penjelasan (perumpamaan)secara “Hakekat” dr ayat diatas …? salam

Suka ·
Wi Woody menyukai ini.

Ilmu Hakekat Usul Diri Sudut pandang 1
Nur Qalbu.

“Pencerminan tentang Tempat terbitnya bermacam-macam Nur Ilahi 
didalam hati manusia dan rahasia-rahasianya.”

Alam semesta = Bintang Ilmu + Bulan Makrfat + Matahari Tauhid
tempat terbit dan tempat cahayanya berada didalam hati orang-orang yang arif, 
serta rahasia-rahasia yang tersembunyi didalamnya. 
Nur Ilahi yang paling hakiki itu memantul kedalam hati nurani manusia, 
kemudian melahirkan cahaya kehidupan.

“Tidaklah cukup bagi-Ku langit dan bumi-Ku, 
akan tetapi yang cukup bagi-Ku adalah hati nurani hamba-Ku yang beriman.”

Sudut pandangan 2

Sirrullah = Rahasia Allah
Pencerminan tentang rahasia diri,
Nur = cahaya yg menerangi Diri
Nur ala Nur = cahaya di atas cahaya = Sirrullah = Rahasia diri
Nur samawati walardhi = Nur Allah + Nur Muhammad
Nur Allah = Istana Allah = Wilayah kepala = singgasananya otak = Arrash
Nur Muhammad = Istana Muhammad = Wilayah Dada = bersemayam di hati = Sirrullah

Sudut pandang 3

Nur = Al-Qur’an = Nur Illahi
Pencerminan ayat-ayat al-Qur’an sebagai Nur Ilahi pada langit dan bumi
Nur Illahi yang memberi cahaya (petunjuk) kpd mahluk yg ada di langit dan di bumi.
Bahwa : Allah akan menuntun menuju cahanyaNya bagi siapa sj yg Ia kehendaki.
Pada ayat-ayat berikutnya akan menggambarkan, 
siapa-siapa yang mendapat pancaran Nur Ilahi dan 
siapa-siapa yang tidak mendapatkan pancaran Nur Illahi.

Sudut pandang 4

Nur ala Nur
Nur Allah Nur Muhammad
Nur samawati wal ardhi
Nur Manni Hu

Sudut pandang 5

……………………… silahkan…..>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar