Jumat, 17 Juni 2016

TAREKAT NAQSYABANDIIAH..

TAREKAT NAQSYABANDIYYAH.

Kaum Sufi kurun awal ,
telah mneginformasikan kepada kita ihwal berbagai Lathifah
dalam Qalb atau "hati" dan Ruh atau "jiwa" saja, 
dan sebagian dari mereka memberitahukan kepada kita 
tentang Lathifah as-Sirr .
Ahmad Sirhindi menginformasikan kepada kita ihwal lima Lathifah
dalam dada manusia , yakni 
- Qalb (hati), 
- Ruh (jiwa), 
- Siir(rahasia), 
- Khafi (hal-hal tersembunyi), dan
- Akhfa (hal-hal yang lebih tersembunyi). dan
ia telah memusatkan perhatian pada segenap cahaya 
yang dipancarkannya dan tahap-tahap yang mampu dicapai nya.

Bentuk jamak dari lathifah adalah Lathaif.
Lathifah  adalah sesuatu yang dipahami,
tetapi tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
Lathifah adalah suatu alat pemahaman spiritual.
Ia bukanlah sebuah entitas fisikal , melainkan entitas spiritual. 
(Persis seperti Kundalini dalam Hinduisme adalah kekuatan spiritual
 dan bukan suatu entitas yang bisa disentuh secara fisikal.)

Sebuah surat Khwaja 'Abdul Ahad , cucu Mujaddid, yang dikutip 
Syah Waliyullah dalam kitabnya, Inabah fi Salasil Awliya' Allah,
(hlm 61-64) menjelaskan nya secara singkat tetapi gamblang.

Menurut temuan-temuan Mujaddid , 
seorang manusia mempunyai sepuluh lathifah 
atau "fakultas-fakultas halus".
Lima di antaranya berkaitan dengan 'Alam al-Amr atau "alam perintah",
dan lima lagi berkenaan dengan Alam al-Khalq atau "alam ciptaan".
Menurutnya,
yang disebut terdahulu adalah 
dunia eksistensi yang diciptakan Allah langsung 
melalui ucapan perintah Nya , 'KUN" atau "jadilah" ,
sementara yang disebut terkemudian adalah
segala sesuatu yang diciptakan secara gradual 
melalui evolusi.

Yang disebut terdahulu tidak bersifat materiel, 
tetapi yang disebut terkemudian bersifat materiel.
Tempat "Alam al-Amr ada di atas 'Arsy (Singgasana Allah),
sementara tempat 'Alam al-Khalq , ada dibawah singgasana Allah.

Berbagai fakultas atau lathifah dalam "Alam Amr  adalah
Qalb, Ruh, Sirr, Khafi, Akhfa, dan
fakultas-fakultas dalam 'Alam al-Khalq adalah
Nafs dan empat unsur , tanah, air, udara dan api.

Yang dimaksud  dengan daerah kemungkinan 
(da'irah al-imkan) adalah kedua alam ini.
Paruh atas daerah ini ada di atas Singgasana Allah,
dan paruh bawah ada di bawah Singgasana Allah.

Bentuk daerah ini akan tampak sebagai berikut :

Akhfa ------------------------------------------- Nafs
Khafi -------------------------------------------- Api
Sirr    -------Singgasana Allah (Arsy----------- Udara
Ruh ---------------------------------------------- Air
Qalb --------------------------------------------- Tanah.

lathifah-lathifah dalam "Alam al-Amr berhubungan dengan 
kehidupan batiniah seorang individu 
dan dengan sendirinya ada di badan.

Tempatnya yang pasti, termasuk Nafs (Ego) 
yang juga termasuk dalam aspek fisik manusia . adalah
Nafs, ada di bawah pusar
Qalb, ada di sebelah kiri
Ruh, di sisi sebelah kanan dada
Sirr, tepat berada di antara Qalb dan Ruh.

Menurut sebagian kaum Sufi,
Khafi terletak di dahi, dan
Akhfa di otak, 
sementara sebagian lainnya , meletakkan 
Akhfa di tengah-tengah dada,
Sirr di antara Qalb dan Akhfa, serta
Khafi di antara Ruh dan Akhfa.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar