Minggu, 03 Juli 2016

MENGGALI SUATU HIKMAH DARI SUATU PERISTIWA

MENGGALI SUATU HIKMAH DARI SUATU PERISTIWA
Semua peristiwa itu mengandung hikmah. Semua peristiwa itu ada manfaatnya. Dengan begitu, semua peristiwa bisa dan layak untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Apapun itu peristiwanya. peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia ini tidak ada yang sia-sia satupun.
“Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (Q.S. Ali Imran 3:191).
“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (Q.S. Al Mu’minun: 115)
Seorang penulis tidak harus menunggu peristiwa yang besar atau sangat dramatis baru kemudian menghasilkan suatu karya. Tentunya anda tidak rela hidup anda penuh dengan hal-hal dramatis, hanya gara-gara ingin punya ide untuk ditulis. misalnya untuk menjadi seorang penulis buku yang menceritakan sebuah keluarga yang berantakan maka keluarga anda harus berantakan terlebih dahulu, atau ingin menceritakan derita orang yang terkena penyakit lupus maka anda harus terkena penyakit lupus terlebih dahulu. Tidak harus seperti itu, kan?
Semua hal yang anda alami layak untuk ditulis. Hanya saja permasalahannya, anda harus mampu mengambil hikmahnya secara mendalam, agar peristiwa yang kelihatannya sepele bisa menjadi luar biasa. Gaya bahasa dan pemilihan kata dalam menceritakan juga berpengaruh dalam hal ini. bisa saja peristiwa sepele menjadi suatu tulisan yang menarik apabila gaya bahasa dan diksinya tepat. Namun cerita yang menarik bisa saja menjadi membosankan dan basi apabila gaya bahasa dan diksinya tidak menarik.
misalkan, pada suatu ketika anda melihat katak yang meloncat-loncat. bagi seorang penulis sejati, hal ini harus menghasilkan ide. Kira-kira nih, seandainya teman-teman yang melihat katak yang meloncat-loncat ide menarik apa yang muncul di pikiran teman-teman?
Adakah dari teman-teman yang sudah mendapatkan ide... Jika ada, silahkan tulis di kolom komentar ya...
Ikuti pembahasannya pada postingan selanjutnya..
Terima kasih juga kepada teman-teman yang sudah menyumbangkan ide-idenya pada postingan sebelumnya.
Bagi teman-teman yang ingin belajar menulis, konsultasi karya, bimbingan menulis atau meminta bantuan penyelesaian masalah seputar kepenulisan, silahkan inbok...!!!
Terima kasih dan sampai berjumpa lagi pada postingan selanjutnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar