Selasa, 19 April 2016

Tawassul

Tadz, tolong jelasin lagi manfaat dr tawasul, 
untuk perjalanan rahani kita, 
memang sudah banyak ustadz jelaskan tetapi saya masih kurang paham..??!!.

Berhubungan dgn Allah dan Rasulullah itu memang bisa langsung, 
tergantung niat dan kebeningan hati masing". 
Sedangkan tawasul ini adalah adab, 
adab yg selalu dipakai oleh para pejalan terdahulu, 
termasuk Imam Asyadzili, Imam abdul Qadir Al-jilani, Imam Junaid al baghdady,
dan yang lain"nya. 

Tasawul itu adalah untuk membentuk karakter (rasa) bagi rahani seseorang, 
belajar rahani tanpa bertawasul akan terasa hambar, 
tdk ada rasanyaa dan tdk ada jiwa-nya dlm rahaninya. 

Krn Tujuan dr tawasul adalah sambungan rasa dan hati bg para kekasih"-Nya, 
sedangkan sambungan dgn Allah dan Rasulullah adalah 
dgn dzikir dan shalawat salah satunya. 
Yakni dgn berkekalan dlm dzikir dan shalawat. 

Karena seorang pejalan rahani adalah jalan-nya para Wali, 
maka hati dan rasa jg harus nyambung kpd hati dan rasanya para Wali...

Saya merasakan manfaat dr tawasul itu sendiri, 
dulu saya itu lahir dr keluarga yg tak berpunya, 
tetapi keinginan untuk mengaji (mondok) dan sekolah itu begitu tinggi, 
tetapi semua keinginan itu tdk terwujud, 
jadinya sekolah tdk pernah dn mondokpun tdk pernah. 

Pernah suatu ketika sy ingin mondok di Langitan Tuban, 
semasa Romo Kyai Faqih masih Sugeng, 
tetapi sdh sering kali saya berangkat naik truk dr desa saya yg berjarak -+ 80 km, 
sampai di tengah" jembatan widang, saya selalu ragu", 
antara berangkat dan tdk, 
pd akhirnya tdk jadi, 
hny krn saya ragu krn tdk ada biaya dan yg lain"-Nya. 

Dgn dorongan yg kuat ingin belajar pada waktu itu, 
maka setiap saya shalat malam, saya tawasul kepada Romo Kyai Faqih, 
juga pada masa Mbah Jalil, Kyai Imran peterongan dan yg lain"..
dalam tawasul itu saya meminta untuk diajari ilmu agama 
dan ilmu kehidupan yag lainya. 

Dan maka jadilaah sayaa seperti ini, 
walau sy tdk menganl beliau" itu secara jasad,
 tp kecintaan saya akan sebuah ilmu, 
tdk membatasi rasaa dan hati saya dgn beliau" itu....
Ilmu dan Nur beliau" itu tdk dibatasi oleh ruang dan waktu, 
apa lagi hny jasad, selama hati kita sambung, 
maka isyaallah ilmu dn Nur beliau" itu akan sll membimbing kita 
dlm setiap langkah. 

Kebeningan hati dan rasa beliau, 
menguatkan hati dan rasa saya, 
dan saya sangat hafat dgn karakter rasa (nur) beliau" itu, 
krn setiap karakter beliau itu selalu berbeda, 
walau sesungguhnya sama.

 Bila jadi saya saangat bergetar hati 
dan rasa saya bila ada seseorang yg menyebut nama beliau", 
krn bukan apa" krn disebabkan sy sering mengikhsaankan beliau 
dlm setiap ucap kata, 
ibadah dan perbuatan saya, 
walau itu semua berawal dr sebuah tawasul 
yg berangkat dr sebuah rasa cinta....

itu aj.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar