Rabu, 16 Maret 2016

BAGAIMANA KAU SEHARUSNYA BERPIKIR TENTANG AKU

BAGAIMANA KAU SEHARUSNYA BERPIKIR TENTANG AKU

Seorang murid mendatangi Ma'ruf al-Karkhi dan berkata:
"Aku berbicara pada orang-orang tentang Anda. Orang Yahudi mengatakan bahwa Anda beragamaYahudi; orang Kristen menganggap Anda sebagai salah satu pendeta mereka; orang Muslim bersikeras bahwa Anda adalah yang paling mulia dari seluruh ummat Muslim."

Ma'ruf menjawab:
"Inilah apa yang dikatakan ummat manusia di Baghdad. Ketika aku di Jerusalem, orang Yahudi mengatakan bahwa aku orang Kristen, yang Muslim menganggapku Yahudi, dan yang Kristen menganggapku Muslim."

"Lalu, apa yang harus kami pikirkan tentang Anda?" tanyanya.

"Sebagian tidak memahami dan mereka memujaku. Lainnya tidak demikian, maka mereka mencaci aku. Itulah apa yang harus aku katakan. Kau harus berpikir tentang aku sebagai seseorang yang mengatakan ini."
--------------------------------------------------------------
Karena saking 'tidak jelas' nya "penampakan luar" ma'ruf al-kharqi (ulama sufi penggagas paham cinta dalam dunia tasawuf) hingga membingungkan yang melihatnya, bahkan Ketika beliau wafat, banyak orang dari berbagai golongan datang bertakziyah, baik islam maupun non islam termasuk juga Yahudi dan Nasrani.
Sebelum meninggal Ma'ruf berpesan atau berwasiat sebagai berikut,
"Jika ada kaum yang dapat mengangkat peti matiku, berarti aku adalah salah satu diantara mereka."
setelah itu ternyata bahwa orang-orang Kristen tak Bisa mengangkat peti matinya. Begitu pula dengan orang-orang Yahudi. saat tiba giliran orang-orang Muslim ternyata mereka sukses. setelah itu mereka men-shalatkan jenazah dan menguburnya di tempat itu juga. 
seperti halnya sufi lain jalaluddin rumi ketika meninggal orang -orang non muslim,yahudi nasrani pun ikut mengantarkannya ketika ditanya,"kenapa kalian mengantarkan seorang ulama islam? mereka menjawab,"kami menganggap nya seperti Musa ataupun Isa.", saking ramainya orang berdesak-desakan hingga peti matinya rusak dan diganti sampai enam kali , seseorang sampai memperingatkan:
"Perbaiki sikap kalian! Belajarlah bersikap baik selama pemakaman. Dia Raja dari para guru yg sebenarnya, dia telah berangkat ke alam seberang ,..."

kita orang indonesia pun punya tokoh seperti itu ,..
ya tokoh yang terkenal dengan ucapannya ,"Gitu aja kok repot ,..." pacman emotikon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar