Rabu, 16 Maret 2016

TARIQAH DAN MAKRIFAT

Tadz, apakan Tariqah itu jalan untuk menuju Makrifat, apakah jalan makrifat hrs selalu bertariqah ?. Tentunya jawabnya bisa iya dan bisa tidak, kalau menjawabnya dgn jujur. Tergantung dr kesadaran dn keyakinan masing" dlm bertariqah dan bermakrifat.
Makrifat adalah jalan pengenalan diri kita kpd Allah, untuk mengenal Allah lebih dekat, untuk mencintai Allah lebih intim. Sedangkan tariqah adalah tata cara untuk bermusyahadah, bermuraqabah dan bermukhasyafah kpd Allah. Sama, tetapi beda dalam pembarangatan segala amal ibadah yg di lakukan.
Makrifat adalah penganalan Allah yg paling awal, niat-nya bersama Allah, ibadah dan perbuatanya bersama Allah, Sedangkan Tariqah segala amaliyahnya itu dr diri sendiri untuk mendekatan diri kpd Allah, yg terpola dan terbimbing. Hal ini yg membedakan, beda bukan berarti untuk diperdebatkan, tetapi untuk mengetahui kadar dan kondisi masing". Dan apa bila seseorang itu melakukan tariqah-nya dgn memasukan makrifat-nya, yakni dia bertariqah bersama Allah, ya itu dia menyadari dan merasakan Allah yg nyata dlm tariqah-nya, sehingga ia fana (tdk merasa bisa bertariqah, kecuali daya dan upaya Allah), tdk lagi untuk mendekat tetapi bersama dan merasakan Allah yg bertqriqah dlm dlm tariqah-nya, hal ini dinamakan "Marifat-nya tariqah atau tariqah-nya makrifat).
Makrifat adalah mendahulukan dan menyertakan Allah dlm setiap segala sesuatu yg dilakukan, hingga merasakan diri fana dlm ibadaha yg dilakukan, sedangkan tariqah adalah untuk mendekat, untuk mencintai dn lain"nya. Kalau makrifat tdk perlu di baiat, krn itu bukan masuk dalam ibadah dan laku atau amalan, makrifat adalah kedekatan dan istiqamah dlm kedekatan dlm setiap keadaan, kedekatan hati dn rasa kpd Allah. Selama rasa dan hati merasakan kedekatan kpd Allah, niscaya akan terlahir setiap ibadah dan perbuatan yg semuanya terlahir dr proses cinta dn kedekatan kpd Allah, dan lahirnya ahlaq yg mulya. Kedekatan dlm makrifat, hny bisa dilakukan dgn menghilangkan ego dan keakuan diri, sedangkan kedekatan dlm tariqah mengedapankan ibadah, dzikir" dan yg lainya.
Untuk kita ketahui, sebelum syariat dan tariqah, itu makrifat dulu.... "Awwaluddin makrifatullah", dan Allah itu lebih dekat dr urat leher,...
Makrifat dalah kenali, kenali, gali, gali....dlm diri sendiri dgn bersandar atas kekuatan ilhay, diwujudkan dlm kesadaran, keyakinan, dan kelakukan. Tariqah adalah mendekat, mendekat, istiqamah, istiqamah....dgn lebih mengedepankan kekuatan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar