Selasa, 24 Mei 2016

ZIKIR DAN KONTEMPLASI DALAM TASAWUF.


Zikir Nama Zat : Allah.


Sesudah do'a diatas  , 
mestilah dilakukan salat Awwabin dengan niat Hifzh al-Iman
(menjaga dan memelihara  keimanan ).
Setelah melakukannya, bacalah do'a sebagai berikut :

"Ya Allah, 
 Jagalah aku dengan keimanan kepada-Mu 
 peliharalah keimanan dalam diriku , 
 di saat aku mati dan sesudah  kematianku."

Do'a diatas dikemukakan oleh Syaikh Muhyiddin ibn 'Arabi.
Dalam "Bab Al-Washaya" dari karyanya , Al-Futhuhat al-Makkyyah ,
ia mengatakan :
"Dalam setiap rakaat (selebihnya) dari salat ini ,
 hendaknya dibaca surah Al-Ikhlas (Q.S 112) enam kali.
 surah Al-Falaq (Q.S 113) dan surah An-Nas (Q.S. 114( sekali.

Kemudian mestilah dilakukan salat Istikharah 
(memohon kebaikan dari Allah) dua rakaat,
yang dilakukan oleh para wali demi beroleh 
kebaikan hasil kerja di siang dan malam hari.
Sesudah usai, hendaknya dibaca do'a istikharah berikut ini :

"Ya Allah, 
 Aku memohon kebaikan dengan pengetahuan-Mu
 memohon kekuatan dari kekuatan-Mu,
 dan memohon rahmat-Mu , 
 sebab Engkaulah yang maha kuasa , bukan aku,
 Engkaulah yang maha Mengetahui , bukan aku
 Engkaulah yang maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembuyi.

 Ya Allah,
 Aku tak berkuasa atas apa yang baik dan buruk  
 untuk diriku sendiri
 tidak pula aku berkuasa atas kematian dan kehidupan 
 serta kebangkitan.
 Aku tidak punya apa-apa 
 sampai Engkau memberikannya kepadaku,
 tidak pula aku bisa melindungi diriku sendiri 
 sampai Engkau melindungiku.

 Ya Allah, 
 Bimbinglah aku menuju amal-amal kebaikan 
 dan kata-kata baik yang Engkau cintai  
 sehingga kesemuanya itu bisa dilakukan 
 dengan gampang dan mudah.

 Ya Allah,
 Pilihkan bagiku , apa yang Engkau sukai,
 dan jangan menyerahkannya pada pilihanku sendiri !

 Ya Allah, 
 Jadikan apa yang kulakukan siang dan malam hari ini
 sebagai kebaikan bagiku !"

Berkenaan do'a diatas , Syaikh al-Akbar *yakni Ibn 'Arabi)
mengatakan, 
"Kami telah mencobanya dan mendapat banyak kebaikan di dalamnya.'

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar