Senin, 20 Juni 2016

ENAM NIKMAT MENURUT SAYYIDINA ALI

ENAM NIKMAT MENURUT SAYYIDINA ALI
Ali bin Abi Thalib r.a. mengatakan::
النِّعَمُ سِتَّةُ أَشْيَاءَ الْإِسْلَامُ وَالْقُرْآنُ وَمُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ وَالْعَافِيَةُ وَالسَّتْرُ وَالْغِنَى عَنِ النَّاسِ
“Nikmat itu ada enam macam, yaitu:
1. Islam;
2. Al-Qur’an;
3. Muhammad SAW
4. Kesehatan;
5. Tertutupnya aib; dan
6. Tidak memerlukan bantuan orang lain.”

Karena itu sudah seharusnya bagi kita untuk berikrar setiap hari dengan mengucapkan:
رَضِيْتُ بِاللهِ رَبّاً وَبِالْإِسْلَامِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيّاً، وَبِالْقُرْآنِ حَكَماً وَإِمَاماً
“Aku ridha Allah sebagai Rabbku, Islam sebagai agamaku, Muhammad saw. sebagai rasul dan nabi (panutanku), dan al-Qur’an sebagai hakam dan imamku.”

Dalam riwayat Anas disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda:
يَا ابْنَ آدَمَ تَفَرَّغْ لِعِبَادَتِي أَمْلأْ قَلْبَكَ غِنًى وَامْلأْ يَدَيْكَ رِزْقًا يَا ابْنَ آدَمَ لا تَبَاعَدْ عَنِّي فَأَمْلأْ قَلْبَكَ فَقْرًا وَأَمْلأْ يَدَيْكَ شُغْلًا
"Rabb kalian berfirman: “Wahai anak Adam, beribadahlah engkau kepada-Ku dengan sungguh-sungguh, niscaya Aku penuhi hatimu dengan kekayaan dan Aku penuhi kedua tanganmu dengan rizki, wahai anak Adam janganlah engkau menjauh dari-Ku, niscaya aku penuhi hatimu dengan kefakiran dan aku penuhi kedua tanganmu dengan kesibukan.” (HR. Thabarani dan Hakim)

--Imam Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nasha’ihul ‘Ibad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar