Minggu, 19 Juni 2016

WASIAT SYEKH ABU HASAN ASY-SYADZILI

WASIAT SYEKH ABU HASAN ASY-SYADZILI
Imam Asy-Syadzili mengatakan, “Seorang sufi mempunyai empat sifat utama; 1) Berakhlak dengan akhlak Allah; 2) Berdampingan dengan perintah-perintah Allah; 3) Menghilangkan ego karena malu kepada Allah; dan 5) Selalu berlapang hati dengan ketulusan fana bersama Allah.”

Menurut beliau, “Dalil itu terbagi menjadi 3 bagian, yakni; dalil dari akal, dalil dari jalan karamah (kemuliaan), dan dalil dari jalan Sirr. Jalan ketiga inu untuk para nabi dan sebahagian orang-orang shiddiq. Sedangkan jalan karamah adalah bagi para wali Allah dan jalan akal bagi para alim (ulama).”
Imam Asy-Syadzili juga mengatakan, “Sebagian dari ahli Hikmah mengatakan, ‘Makrifat dari Allah datang dalam dua sisi. Satu sisi datang dari jalan anugerah murni dan sisi yang lain dari jalan usaha yang sungguh-sungguh.
Adapun dari anugerah murni, terjadi seperti suatu kaum yang Allah muliakan mereka dengan kemurahan-Nya. Karena itu, dengan karamah dan kemurahan-Nya mereka sampai kepada ketaatan kepada-Nya. Sedangkan dari jalan sungguh-sungguh, adalah mereka yang dengan ketaatan kepada-Nya dapat mencapai kemurahan dan karamah-Nya.”

--Syekh Abu Hasan Asy-Syadzili dalam kitab Durrat Al-Asrar wa Tuhfat Al-Abrar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar