Minggu, 19 Juni 2016

KENDARAAN HIDUP SEORANG SUFI

KENDARAAN HIDUP SEORANG SUFI

Ibnu Mas’ud memberi nasihat, 

 “Kefakiran dan kekayaan hanyalah sebuah kendaraan. 
Aku tak mau peduli mana yang akan aku naiki. 
Kalau aku fakir, maka aku dituntut untuk sabar. 
Dan, kalau aku kaya, maka aku harus rela berkorban.” 

Urwah Ibn Zubair suatu ketika harus dipotong sebelah kakinya dari lutut 
lantaran digerogoti suatu penyakit. 
Menanggapi hal tersebut, ia berkata: 
“Alhamdulillah,
Allah telah mengambil sebelah kaki dariku. 
Demi Allah, 
 jika Engkau telah mengambil kakiku sebelah, 
tetapi sesungguhnya Engkau sisakan untukku yang sebelah. 
Jika Engkau memberiku cobaan, 
maka sungguh Engkau telah menyelamatkan aku.” 

Malam itu ia tetap tidak meninggalkan wirid yang biasa dilakukannya.

---Imam Al-Ghazali dalam Al-Mahabbah wa asy-Syauq wa al-Uns wa al-Ridha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar