Minggu, 24 Januari 2016

Semua Sahabat Nabi (s) bagaikan Bintang-Gemintang

Semua Sahabat Nabi (s) bagaikan Bintang-Gemintang
Posted on January 23, 2016 by IDHaqqani


Nabi ﷺ mempunyai pertemuan dan shuhbah (asosiasi) bersama para Sahaabah (r) baik yang mereka hadiri atau tidak, tergantung dari urusan mereka.  Para Sahaabah (r) juga menempuh perjalanan sebagai utusan oleh Nabi  ﷺ untuk berdakwah, termasuk ke Yaman dan negeri lainnya.  Sebagian di antara mereka, seperti Abu Hurayrah (r), meriwayatkan 4,000 Ahadits. Kita tidak bisa mengatakan bahwa Sahabat yang pergi ke Yaman dan mendidik orang-orang Yaman, namun mereka tidak bersama Nabi ﷺ kalah penting bagi Nabi ﷺ karena mereka semua adalah permata, sebagaimana sabda Nabi ﷺ:

صحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم
Sahabatku bagaikan bintang-gemintang (dalam malam yang gelap); siapapun yang kalian ikuti, kalian akan menemukan bimbingan.

Shaykh Hisham Kabbani

Prophet ﷺ had meetings and associations with the Sahaabah (r) that they attended or not, depending on their businesses, and travels where the Prophet ﷺ sent them for da`wah to Yemen and elsewhere. Some of them, like Abu Hurayrah (r), narrated 4,000 Ahadith. We cannot say the one who went to Yemen and educated the people of Yemen but was not with the Prophet ﷺ is any less important to the Prophet ﷺ because all of them are jewels, which is why the Prophet ﷺ said:

صحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم
My Companions are like stars (on a dark night); whichever of them you follow, you will be guided

Shaykh Hisham Kabbani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar