Senin, 01 Februari 2016

Abhiñña

Dulu, pernah dalam satu perjalanan spiritual, saya sempat ketemu seorang bikkhu dari thailand/tibet (lupa). Setelah ngobrol dan samadhi bareng selama 5-6 hari, sampailah pada pembicaraan tentang abhiñña, yaitu: kemampuan atau kekuatan/tenaga batin yang luar biasa, alias pengetahuan 'supernormal' lah.. smile emotikon
.
Abhiñña, secara garis besar, ada 2 macam, yaitu: abhiñña duniawi (lokiya) dan abhiñña di atas duniawi (lokuttara). Abhiñña duniawi (lokiya-abhiñña) terdiri atas 5 kekuatan dahsyat, sbb:
.
1. Iddhividhañana, atau kekuatan gaib atau kekuatan magis atau kesaktian. Kekuatan ini terbagi atas 5 macam kekuatan, yaitu :
.
a. Adhitthana-iddhi, ialah kemampuan untuk mengubah diri dari satu menjadi banyak atau dari banyak menjadi satu.
b. Vikubbana-iddhi, ialah kemampuan untuk berubah bentuk, seperti menjadi anak kecil, raksasa, ular, atau membuat diri menjadi tak tampak.
c. Manomaya-iddhi, ialah kemampuan mencipta dengan menggunakan pikiran, seperti menciptakan istana, taman, harimau, wanita cantik, dan lain-lain.
d. Ñanavipphara-iddhi, ialah kemampuan untuk menembus ajaran melalui pengetahuan.
e. Samadhivipphara-iddhi, ialah kemampuan memencarkan melalui konsentrasi, yaitu :
- kemampuan menembus dinding, pagar, gunung.
- Kemampuan menyelam ke dalam bumi bagaikan menyelam ke dalam air.
- Kemampuan berjalan di atas air bagaikan berjalan di atas tanah yang padat.
- Kemampuan terbang di angkasa seperti burung.
- Kemampuan melawan api.
- Kemampuan menyentuk bulan dan matahari dengan tangannya.
- Kemampuan memanjat puncak dunia sampai ke alam Brahma (alam suci/illahi).
.
2. Dibbasotañana (telinga dewa), ialah kemampuan untuk mendengar suara-suara dari alam lain, baik yang jauh maupun yang dekat.
.
3. Cetopariyañana atau paracittavijañana, ialah kemampuan untuk membaca pikiran makhluk lain (hewan dan manusia).
.
4. Dibbacakkhuñana atau cutupapatañana (mata dewa), ialah kemampuan untuk melihat alam-alam halus, yang berkaitan dengan muncul/lenyapnya makhluk-makhluk tumimbal lahir sesuai dengan karmanya masing-masing.
.
5. Pubbenivasanussatiñana, ialah kemampuan untuk mengingat tumimbal lahir yang lampau dari diri sendiri dan orang lain.
.
Sedangkan Abhiñña di atas duniawi (lokuttara-abhiñña) isinya hanya ada satu macam kekuatan, yaitu asavakkhayañana, ialah kemampuan untuk memusnahkan kekotoran batin. Pemusnahan kekotoran batin ini akan membimbing ke arah kesucian tertinggi atau arahat (akherat/martabat tertinggi).
.
Cuma sayangnya, ketika saya minta diwarisi ilmu2/kekuatan2 tersebut, beliaunya malah hanya tersenyum, sambil mengelus-elus bahu/pundak saya, sambil menjawab: " nanti yah, nanti yah.. tunggulah tunggu, kesiapan dirimu..". Habis itu, beliau pamit ke belakang, lalu hilang sampai sekarang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar