Minggu, 15 Mei 2016

Merantau Itu Indah

Merantau Itu Indah


“Pergilah merantau untuk mencari kemuliaan, karena dalam perjalanan itu ada lima kegunaan ; yaitu menghilangkan kesedihan, mendapatkan penghidupan, mendapatkan ilmu, mengagungkan jiwa, dan dapat bergaul dengan orang banyak”. (Imam Syafi’i)
***
Mari kita ambil hikmah dari petuah tersebut!
Menghilangkan Kesedihan
Dengan merantau, insya Allah kita akan mendapatkan kegembiraan beraneka ragam. Misalnya, kesulitan sebelum merantau yang kita anggap sangat berat, terasa ringan dan tak ada artinya saat berjumpa dengan banyak orang yang jauh lebih sulir, namun mereka lebih semangat. Dengan merantau kita juga menemukan suasana, hal, dan pengalaman baru, tentu itu akan bisa menghilangkan rasa sedih kita.
Mendapatkan Penghidupan
Ada faktor psikologis yang akan kita dapatkan, yaitu gengsi kita akan hilang. Kita jadi berani kerja apa saja dan tidak gengsi, sebab teman-teman kita dari kecil tidak tahu. Berarti, beban-beban gensi kita tertinggal di kampung halaman. Tanpa gensi, dan dengan bekerja apa saja, maka kita akan mendapatkan hasil dan penghidupan yang baru ketika merantau.
Mendapatkan Ilmu
Ilmu berlimpah ruah akan kita dapatkan, sebab di perantauan akan kita jumpai banyak guru. Kita berguru kepada hinaan, pujian, makian, orang pandai, orang bodoh, orang sok pandai, kita juga berguru dengan suasana dan hal yang baru.
Mengagungkan Jiwa
Kata Imam Syafi’i ; “Jika engkau tinggalkan tempat kelahiranmu, engkau akan temui derajat mulia di tempat baru dan engkau bagaikan emas yang sudah terangkat dari tempatnya”.
Bergaul dengan Banyak Orang
Dengan merantau, kita bisa menerapkan surat Al Hujurat [49] ayat 13[1], untuk berkenalan dengan berbagai suku dan bangsa dengan aneka karakter positif dan negatifnya.
***
Mari merantau, dan ambil hikmahnya untuk menjalani kehidupan kita yang lebih baik!😀
Tema ini, ditulis atas inspirasi setelah membaca Buku “Hidup untuk Hidup”, karangan Masrukhul Amri. Penerbit DarMizan, Bandung.
@LPG, 22 Oktober 2012

[1] “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal”. (QS. Alhujurat [49] : 13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar