Jumat, 30 Oktober 2015

MEMBENTUK KARAKTER DAN PRIBADI MUKMIN DENGAN AL- QUR’AN

MEMBENTUK KARAKTER DAN PRIBADI MUKMIN DENGAN AL- QUR’AN
BY FADHIL ZA · AUGUST 2, 2012

Oleh Fadhil ZA



Ketika Aisyah Ra ditanya tentang akhlak Rasulullah Saw, maka dia menjawab, “Akhlaknya adalah Al Qur’an.” (HR. Abu Dawud dan Muslim)

Al Qur’an yang diturunkan secara bertahap dan berangsung angsur  selama 23 tahun telah  membentuk karakter dan pribadi yang tangguh pada Rasulullah serta  para pengikutnya dimasa itu. Ketika Aisyah ditanya tentang ahlak Rasulullah, ia menjawab bahwa ahlak beliau adalah Al Qur’an. Orang yang selalu membaca Qur’an dan berusaha meresapi serta menghayati setiap ayat yang dibacanya  insya Allah aka memilki ahlak seperti Rasulullah pula.

Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, didalamnya penuh dengan ilmu hikmah yang merupakan pedoman dan pegangan hidup bagi umat Islam. Namun sayang banyak umat islam yang kurang memperhatikan ini. Mereka lebih suka membaca koran daripada Qur’an. Kalaupun ada yang membaca , mereka membaca dengan tergesa gesa mengejar target khatam , tanpa berusaha merenung dan mengkaji kandungan Qur’an tersebut.

Banyak diantara umat Islam yang mendengar atau membaca Qur’an hanya sekedar membaca dan menikmati alunan suara bacaannya saja , tanpa meresapi dan menghayati kandungan ayat tersebut. Jika Al Qur’an dibaca dengan tartil dan dihayati serta diresapi pesan pesan yang terkandung dalam  setiap ayatnya, maka Qur’an  akan membentuk karakter dan pribadi seorang mukmin yang tangguh dan kuat.

Membaca sambil mentadabburi Al Qur’an tidak sama dengan membaca sekedar membaca saja. Rasulullah ketika membaca Qur’an jika bertemu ayat tentang neraka beliau mohon perlindungan pada Allah, jika menemui ayat tentang syurga beliau memohon agar diberikan syurga, jika berjumpa ayat  tentang tasbih beliaupun bertasbih,demikianlah cara beliau mentadabburi  al Qur’an . Membaca Qur’an sambil mentadabburi ayat ayatnya diperintahkan Allah dalam surat Muhammad ayat 24 :





Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an ataukah hati mereka terkunci? (Muhammad 24)

Disamping membaca Qur’an secara rutin dan membaca terjemahannya mari kita coba mentadabburi ayat demi ayat, kita resapkan kandungan ayat tersebut kedalam hati. Insya Allah ayat yang ditadabburi akan membentuk karakter dan pribadi mukmin yang kuat dan tangguh.


Al Qur’an berisi berbagai nasehat dan  motivasi untuk mendekatkan diri pada  Allah, meningkatkan iman dan takwa, mengerjakan amal saleh, meraih ampunan Allah  dan syurgaNya, menjauhi neraka jahanam dan tipu daya syetan. Tadabbur Qur’an dilakukan dengan menjawab seruan Allah didalam ayat tersebut, serta melakukan dialogh denganNya. Tadabbur dilakukan dalam bahasa ibu masing masing atau bahasa yang dimengerti. Tadabbur bisa dilakukan dalam semua bahasa yang ada didunia ini, asalkan yang bersangkutan mengerti bahasa tersebut.

Berikut kami sampaikan beberapa contoh tadabbur untuk membentuk karakter dan pribadi mukmin.



SURAT AN NAHL AYAT 96-97


96- Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. 97- Barang siapa yang mengerjakan amal saleh,  baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (AN NAHL 96-97)



Bacaan tadabbur

Ya Allah , telah kau ingatkan kepada kami dalam Qur’anMu yang Agung, bahwa apa yang ada ada disisi kami semua akan musnah dan lenyap. Apa yang ada disisiMu itulah yang kekal dan abadi. Engkau akan membalasi orang yang sabar dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. Dan telah Kau ingatkan pula kepada kami bahwa barang siapa yang mengerjakan amal soleh sedang ia beriman kepadaMu niscaya Engkau akan memberi kehidupan yang baik kepada mereka didunia maupun akhirat, dan Engkau akan membalasi mereka dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

    

Ya Allah kami mohon padaMu tolong kami untuk memahami peringatanMu ini. Tolong kami mendapatkan sesuatu yang kekal disisiMu, lindungi kami dari tipuan kehidupan dunia yang mempedaya. Beri kami kesabaran menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang Kau berikan kepada kami, dan balasi kesabaran kami dengan yang lebih baik dari apa yang telah kami lakukan.



Ya Allah teguhkan iman dan keyakinan kami kepadaMu  , tolong kami mencintai mengerjakan amal soleh yang Kau ridhoi. Beri kami kehidupan yang baik didunia maupun akhirat . Balasi semua amal kebaikan kami dengan yang lebih baik dari apa yang telah kami kerjakan , perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah.

Cara membaca tadabburnya dapat anda ikuti pada video dibawah ini :



VCD TADABBUR SURAT AN NAHL 96-97





Manfaat tadabbur :

Manfaat yang didapat dari tadabbur surat An Nahl ayat 96-97 ini antara lain

Menanamkan kesadaran bahwa apa saja yang kita miliki didunia ini seperti rumah, harta kekayaan, istri dan anak anak, kebun, tempat usaha  karib kerabat semuanya akan lenyap dan musnah dari sisi kita.
Yang kekal dan abadi hanyalah apa yang ada disi Allah , seperti amal amal saleh dan berbagai ibadah yang kita kerjakan.
Memberi kekuatan dan keyakinan untuk selalu bersabar menghadapi berbagai ujian dan cobaan Allah
Memberi keyakinan bahwa Allah pasti akan membalasi kesabaran itu dengan pahala yang berlipat ganda.
Memberi motivasi untuk mengerjakan amal saleh dan kebaikan
Meningkatkan iman dan keyakinan pada Allah
Mendapat kehidupan yang baik didunia maupun akhirat.
Di balasi semua amal kebaikannya dengan pahala berlipat ganda dari sisi Allah.
SURAT AL A’RAAF 179


179- Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (AL A’RAAF 179)

Bacaan tadabbur

Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung, bahwa Engkau telah menjadikan bagi neraka jahannam kebanyakan dari  Jin dan Manusia karena mereka mempunyai hati namun tidak digunakannya untuk memahami ayat ayatMu. Mereka mempunyai mata namun tidak digunakannya untuk melaihat tanda tanda kebesaraMu. Mereka mempunyai telinga namun tidak digunakannya untuk mendengarkan firman firmanMu. Mereka itu bagai binatang ternak , bahkan lebih sesat dari itu. Mereka itulah orang orang yang lalai.

Ya Allah kami mohon padaMu, jangan kau jadikan kami sebagai penghuni neraka jahannam ya Allah. Bukakan hati kami untuk memahami firmanMU, bukakan hati kami untuk memahami Qur’anMU. Bukakan hati kami untuk menerima hidayah dan petunjukMu.  Beri kami kemampuan untuk melihat tanda kebesaranMu dilangit dan bumi.Jangan kau butakan mata kami dari melihat tanda tanda kebesaranMu yang ada dilangit dan Bumi.  Tolong kami untuk mencintai mendengarkan Qur’anMu.Tolong kami untuk mencintai mendengarkan nasihat nasihatMu. Jangan kau tulikan telinga kami mendengarkan firmanMu ya Allah.  Jangan Kau jadikan kami seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat dari itu. Jangan kau jadikan kami termasuk orang-orang  yang lalai. Perkenankanlah  permohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang menerima do’a

VCD TADABBUR SURAT AL A’RAAF 179



Manfaat tadabbur surat Al A’raaf 179 antara lain :

Menyadari bahwa Allah akan memenuhi neraka jahanam dengan jin dan manusia yang durhaka.
Dilindungi Allah dari panasnya api neraka
Dilapangkan hatinya untuk menerima hidayah dan bimbingan Allah
Dibukakan matanya untuk melihat tanda tanda kebesaran Allah yang ada dilangit dan bumi
Mencintai mendengarkan  firman Allah dan nasehat Al Qur’an.
Dilindungi dari sifat seperti binantang ternak
Dijaukan dari sifat lalai dan tidak peduli dengan ajaran Allah.


Diatas adalah beberapa contoh dari pelaksanaan tadabbur Qur’an, kekuatan tadabbur ini terletak pada penghayatan oleh yang membaca maupun mendengarkan tadabbur ini. Tadabbur bisa dilakukan dengan membaca teks tadabbur bisa juga diucapkan langsung  dari lubuk hati masing masing.

Untuk membentuk pribadi dan karakter mukmin pilihlah beberapa ayat tematik yang ada dalam  Al  Qur’an. Beberapa contoh bisa didapatkan pada artikel “Panduan Tadabbur Qur’an “ di blog ini.

Jika sudah hapal ayat dan kalimat tadabbur , cara yang paling baik adalah membaca langsung tanpa teks. Insya Allah ini akan lebih terkesan dan membekas dalam jiwa. Sebelum membaca ayat ada baiknya membaca  taawudz dan doa istighfar sebagaimana contoh pada video beriktu ini. Doa istighfar diharapkan juga bisa membantu fikiran untuk memasuki kondisi alfa sehingga bacaan tadabbur bisa lebih berkesan dalam fikiran bawah sadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar