Jumat, 30 Oktober 2015

TADABBUR QURAN SARANA BERDIALOG DENGAN ALLAH

Tadabbur Qur’an yang dilakukan seorang diri maupun berjamaah adalah salah satu cara bagi kita untuk berdialog dan berkomunikasi dengan Allah. Dengan tadabbur Qur’an ayat yang dibaca akan menghunjam kuat kedalam hati tanpa banyak mengalami rintangan dari fikiran yang sering lengah kesana kemari. Selama melakukan tadabbur Qur’an komunikasi antara peserta tadabbur dengan Allah akan terbuka antara 0 sampai dengan 100 %. Mereka yang hatinya terbuka dibawah 10% umumnya tidak merasakan getaran atau efek dari bacaan tadabbur yang dilakukan. Mereka yang hatinya terbuka diatas 75 % dalam melakukan tadabbur ini akan merasakan efek getaran yang dahsyat, dan mereka tidak bisa menyembunyikan efek ini dari penglihatan orang banyak.

Dalam melaksanakan Tadabbur Qur’an secara berjamaah maupun seorang diri peserta tadabbur akan terbagi menjadi 4 kelompok atau level tadabbur.

Kelompok 1: Mereka yang hatinya terbuka dibawah 10 %

Mereka mendengar Qur’an dan bacaan tadabbur begitu saja dan tidak merasakan sesuatu yang berbekas didalam hati maupun fikiran mereka. Kadangkala mereka masih bisa tertawa dan bergurau dengan teman dikiri kanan mereka. Mereka inilah kelompok yang ditegur Allah dalam surat An Najm ayat 59-62:



59- Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? 60- Dan kamu menertawakan dan tidak menangis? 61- Sedang kamu melengahkan (nya)? 62- Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia). (An Njam 59-62)

Kelompok 2: Mereka yang hatinya terbuka diatas 25 %

Mereka mendengarkan bacaan Qur’an dan tadabbur dengan penuh perhatian, namun belum mampu menyentuh dan menggetarkan hati mereka. Al Qur’an dan bacaan tadabbur baru menyentuh fikiran mereka dan belum menghunjam kedalam hati. Mereka inilah yang diingatkan Allah dalam surat Al A’raaf 204 :

204-  Dan apabila dibacakan Al Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.




Kelompok ke 3: Mereka yang hatinya terbuka diatas 50 %

Mereka mendengar bacaan Qur’an dan tadabbur dengan penuh perhatian,bacaan tadabbur menembus fikiran dan menyentuh hati mereka. Hati dan dadanya terasa bergetar , kadangkala timbul dorongan untuk menangis. Namun mereka masih bisa menyembunyikan perasaannya dari perhatian orang banyak. Mereka terlihat khusuk menmdengarkan bacaan tadabbur. Mereka inilah yang disebutkan Allah dalam surat Al Anfal ayat 2:



2- Sesungguhnya  orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila  disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakal, (Al Anfal 2)

Kelompok 4: Mereka yang hatinya terbuka diatas 75%

Mereka mendengar bacaan Qur’an dan tadabbur dengan penuh perhatian, bacaan tadabbur menembus fikiran dan menghunjam kuat kedalam hati mereka. Hati dan dada mereka bergetar keras , muncul dorongan untuk menagis yang amat kuat. Mereka tidak bisa menyembunyikan perasaannya diahadapan orang banyak. Mereka menangis menyungkur sujud karena harap dan takut pada Allah, Mereka inilah kelompok yang disebutkan Allah dalam surat Maryam ayat 57 dengan firmanNya.



58- Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israel, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (Maryam 58)



Ketika melakukan tadabbur Qur’an secara berjamaah para peserta akan terbagi menjadi 4 kelompok seperti diatas. Satu atau dua orang yang bisa mencapai level 4 dimana hatinya terbuka lebih dari 75% biasanya tidak bisa menyembunyikna perasaannya. Mereka menagis terisak isak dan badannya bergetar keras. Isak tangis mereka akan mempengaruhi teman temannya yang sudah mencapai level 3. Secara berantai ini akan mempengaruhi seluruh peserta tadabbur.

Bagi mereka yang melakukan tadabbur Qur’an seorang diri biasanya hatinya akan terbuka dan tertutup dengan variasi antara 0 sampai 100%. Ketika hatinya terbuka dibawah 10 % mereka tidak merasakan efek apa apa. Namun ketika hatinya terbuka sampai 50 atau 75% mereka mulai merasakan dada bergetar, muncul dorongan kuat untuk menangis. Ketika hati dan komunikasi dengan Allah terbuka diatas 75 % biasanya kita tidak bisa menahan dorongan untuk menangis , air mata mengalir deras kadang kala kita tidak lagi bisa berbicara , hidung tersumbat dan sulit bernafas.  Proses mulai terbuka hati dari 0% hingga terbuka lebih dari 50 % dapat dilihat pada video berikut dibawah ini :



PROSES TERBUKANYA HIJAB YANG MENUTUPI HATI

KETIKA MELAKUKAN TADABBUR QUR’AN







Jika selama tadabbur seorang diri kita tidak bisa merasakan efek tadabbur, berarti hati kita hanya terbuka dibawah 10%. Untuk meningkatkan pembukaan hijab yang menutup hati harus dicarikan ayat dan bacaan tadabbur yang sesuai dengan kondisi kita dan mengena dihati. Hati akan sulit terbuka jika ayat tadabbur yang dibaca tidak sesuai dengan kondisi yang sedang kita hadapi.

Ayat tadabbur Qur’an yang sesuai dengan kondisi yang kita hadapi akan mempercepat pembukaan hijab yang menutup hati. Misalnya orang yang sedang berambisi untuk meraih sukses dan kemenangan dalam usaha bisnis atau karirnya dibacakan tadabbur surat Ali Imran 26-27, An Nur 55-56, dan Al Fath 1-4. Bacaan tadabbur beberapa ayat diatas dapat membangkitkan semangat dan membuka hijab yang menutup hati mereka. Orang yang sedang ditimpa musibah dan kemalangan, jika dibacakan tadabbur surat Al Ankabut ayat 2-3, Al Baqarah 214 dan Al Hadit 22-24 akan terbuka hatinya untuk berkomunikasi dengan Allah.

Mereka yang sudah berusia lanjut biasanya akan terbuka hatinya jika dibacakan tadabbur ayat ayat yang berkaitan dengan masalah kehidupan akhirat  seperti peristiwa kiamat, hari kebangkitan,hari berhisab,  syurga dan neraka serta  usaha untuk meningkatkan Iman , takwa dan amal shaleh. Jika kita melakukan tadabbur seorang diri cobalah variasikan beberapa ayat diatas untuk membuka hijab yang menutup hati. Jika satu ayat tidak menimbulkan getaran , pilih ayat lain yang sesuai.

Ada satu kelompok lagi yang kita sebut kelompok ke lima jangan sampai diatara kita ada yang masuk kelompok ini , yaitu orang yang hatinya telah tertutup untuk memahami ayat ayat Qur’an. Mereka inilah yang disebutkan oleh Allah dalam surat Al Kahfi ayat 57





57- Dan siapakah yang lebih lalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat dari Tuhannya lalu dia berpaling daripadanya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendati pun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya, (Al Kahfi 57)



Kelompok ini tidak akan merasakan getaran Al-Qur’an sedikitpun, bahkan mereka sangat benci dengan Al –Qur’an. Hati , fikiran, mata dan telinga mereka sudah tertutup dari memahami Al Qur’an. Mereka bahkan berusaha untuk memusnahkan dan menghancurkan Qur’an seperti yang dilakukan pendeta Tery Jones dari California Amerika belum lama ini.

Berapa persenkah hati anda terbuka ketika mendengar tadabbur Qur’an? hanya anda sendiri yang tahu. Coba anda adakan test dengan mendengarkan tadabbur beberapa ayat Qur’an berikut dibawah ini. Pilih ayat yang cocok dan sesuai dengan kondisi yang sedang anda hadapi. Perhatikan suasana hati anda , adakah getaran yang muncul didada dan hati anda? Coba anda ukur sendiri berapa persen hati anda terbuka dalam berkomunikasi dengan Allah melalui tadabbur Qur’an ini.



TADABBUR SURAT AL A’RAAF 179

MEMBUKA HIJAB YANG MENUTUP HATI. MATA DAN TELINGA



TADABBUR SURAT AL HADIT 22-24

MENGATASI BENCANA DAN MUSIBAH



TADABBUR SURAT FATHIR 2-3

MENSYUKURI NIKMAT ALLAH



TADABBUR SURAT AN NUR 55-56

MERAIH SUKSES DAN KEMENANGAN





TADABBUR SURAT AN NAHL 96-97

MENINGKATKAN IMAN , TAKWA DAN AMAL SALEH





TADABBUR SURAT ALBAQARAH 214

DAYA TAHAN TERHADAP BENCANA DAN MUSIBAH



TADABBUR SURAT AL IKHLAS

MENINGKATKAN IMAN DAN TAKWA





TADABBUR SURAT AZ ZUMAR 71-72

ROMBONGAN YANG DIBAWA KEDALAM NERAKA JAHANAM





TADABBUR SURAT AZ ZUMAR 73-75

ROMBONGAN YANG DIBAWA KEDALAM SYURGA





TADABBUR SURAT YASIN 51-54

HARI KEBANGKITAN



TADABBUR  SURAT HUD AYAT 3

KEUTAMAAN ISTIGHFAR MOHON AMPUN PADA ALLAH



TADABBUR SURAT AL INSYIQAQ AYAT 6-13

SAAT MENERIMA BUKU CATATAN AMAL DIHARI BERHISAB





Sebagian Teks ayat Qur’an dan bacaan tadabbur  beberapa vcd diatas dapat anda dapatkan pada artikel dengan judul :  “LATIHAN BERDIALOG DENGAN ALLAH” di blog ini.

Jika anda ingin mempelajari  masalah tadabbur ini dengan kebih mendalam silahkan datang pada ajang silaturahmi dan latihan Tadabbur Qur’an yang kami adakan pada hari Minggu terakhir  setiap bulan di Perumahan Taman Firdaus – Caringin Bogor , sesuai jadwal yang kami umumkan  di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar