Kamis, 01 Oktober 2015

4 EMPAT TINGKATAN CARA BERDOA PADA ALLAH.

1. DOA TINGKAT ORANG BIASA. 

Doa ditingkat ini doa lisan atau dalam hati, doa yang diucapkan seakan seperti hanya membaca hafalan2 doa. Hati dan ingatan terkadang belum sepenuhnya tertuju pada Allah. Doa dilakukan dalam bentuk rutinitas berdoa. Ada juga biasa kita dengar imam2 masjid biasa berdoa, sekedar memenuhi kewajiban berdoa, tanpa kesungguhan, tanpa melibatkan hati dan perasaan dalam berdoa. Boleh jadi doa seperti ini terhijab atau menggantung dilangit. Ditingkat orang biasa doa kadang seakan disampaikan apa adanya saja, sekedar nya saja.

2. DOA TINGKAT ORANG SHALEH. 

Orang shaleh berdoa yang disertai dengan hati dan perasaan yang ikut berdoa pada Allah. Doa dilantunkan dengan kesungguhan hati dan perasaan yang memohon pada Allah. Doa dilakukan dengan rasa harap pada Allah agar dikabulkan doa, dan merasa cemas sekiranya doa tidak dikabulkan. Ini doa yang berendah diri pada Allah. Berdoa menempatkan diri sebagai hamba yang memohon pada Allah. Allah berfirman, berdoalah dengan harap dan cemas, dengan suara lembut dan heran dan diri Qs 7:55. Ini berdoa dengan nada yang bisa mengharukan yang terkadang dengan suara rintihan pilu pada Allah. Kadang dengan nada sedih yang dapat mengalirkan air mata, bahkan bagi yang mendengarnya.

3. DOA TINGKAT WALI. 

Dalam hadis Qudsi Allah berkata pada Nabi Isa. Wahai Isa berdoalah padaKu ketika engkau merasa dekat denganKu dan dalam keadaan merasa cinta padaKu. Berdoalah dengan penuh harap dan cemas seperti orang yang sedang tenggelam dilaut yang tidak punya penolong selain Aku. Berdoalah dengan penuh harap dan cemas seperti orang yang sedang tenggelam dilaut yang tidak punya penolong selain Aku. Berdoalah padaKu dengan berendah diri, dengan suara lembut, dengan sedih dan dengan hanya satu permintaan, maka akan Kukabulkan. Doa ditingkat wali dilakukan dengan perasaan sangat dekat dan sangat cinta pada Allah. Dan doa para wali biasanya makbul karena mereka sangat dekat dengan Allah dan terhubung secara spiritual dengan Allah.

4. DOA TINGKAT KEKASIH ALLAH. Allah berfirman, Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai Allah Qs 5:54. Doa dilakukan dengan perasaan sangat baik, sangat lembut dan dengan perasaan cinta pada Allah. Dan berdoa dengan menyerahkan keputusan doa itu pada Allah, dengan tidak mendesak untuk dikabulkan. Doa dihamparkan pada Allah dengan penuh adab, penuh khidmat, penuh prasangka baik pada Allah. Baik dikabulkan atau tidak dikabulkan oleh Allah, keputusan doa diserahkan sepenuhnya pada.ke kebijaksanaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar