TATA KEHIDUPAN SOSIAL ISLAM.
Sebegitu jauh kita telah memusatkan perhatian kita kepada persoalan
pendidikan watak individu menuut pandangan Iqbal.
Akan tetapi patutlah kita ingat bahwa individu baru merupakan
salah satu kutub daari proses pendidikan.
Di lain pihak masih ada kutub lain dari proses pendidikan itu , yaitu
keseluruhan tata kehidupan sosial serta lingkungan alami
yang mengitarinya.
Fungsi pendidikan ialah melahirkan interaksi yang dinamis
dan progresif antara dua kutub tersebut , dengan maksud agar
keduanya dapat saling bertautan secara serasi.
Sekolah - dengan artian yang mencakup segala jenis lembaga pendidikan-
hanyalah merupakan salah satu dari sekian banyak faktor
yang menggariskan kelangsungan dan arah perkembangan individu.
Selain sekolah masih ada suatu faktor lain yang memberikan pengaruh
yang jauh lebih kuat dan tidak terelakkan terhadap perkembangan
individu itu , yaitu lingkungan sosial serta cita dan alam fikiran
yang mengilhami pertautan kelompoknya , serta kehidupan sosial
ekonomis dan politisnya.
Oleh karena itu , kiranya perlu kita mengajukan seperangkat
permasalahan yang fundamental agar mendapatkan gambaran
yang lengkap mengenai pandangan dan alam fikiran Iqbal
tentang pendidikan itu . Diantaranya :
1. Bagaimana konsepsi Iqbal tentang tata kehidupan sosial ,
sebagaimana tersirat dalam alam fikirannya ?
2. Corak masyarakat yang bagaimanakah yang dalam alam fikiran Iqbal
memungkinkan individu yang telah berkembang itu , memainkan
peranan nya secara efektif , tanpa menjadi frustasi sekiranya pun
ia menghadapi kondisi masyarakat yang bertentangan dengannya ?
Atau - apabila pernyataan permasalahan itu hendak dinyatakan
secara possitif - hal tersebut dapat pula diungkapkan sebagai berikut :
3. Tata kehidupan masyarakat yang bagaimanakah yang kiranya dapat
menguntungkan dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan
individu yang tidak cepat menjadi frustasi itu ?
Permasalahan -permasalahan tersebut perlu diajukan , karena
- sebagaimana kita ketahui - perkembangan individu itu
tidaklah berlangsung dalam suatu ruang yang vakum atau semata-mata
di bawah lingkungan dan suasana akademis di sekolah saja.
Perkembangan individu merupakan berasal dari jalinan
berbagai kekuatan yang telah mempengaruhinya , baik secara alami
maupun budaya.
Dewasa ini di berbagai penjuru dunia telah dan sedang diadakan
berbagai percobaan yang radikal tentang kehidupan sosial,
oleh karena itu tata kehidupan sosial merupakan pokok pemikiran
dan pembahasan yang sangat menarik perhatian serta melahirkan
berbagai sudut pandangan yang aneka ragam tidak selalu sejalan.
Dan penelaahan tentang filsafat pendidikan menurut pandangan Iqbal
tidak akan lengkap apabila tidak pula mencakup persoalan
tata kehidupan sosial sebagaimana tersurat dan tersirat
dalam karya-karyanya.
K.G. Saiyidain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar