Selasa, 24 November 2015

EINSTEIN

EINSTEIN
Pada pertengahan April 1955, Albert Einstein dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, lantaran mengalami perdarahan dalam perut. Tapi Einstein yang sudah lanjut usia menolak dibedah.
"Aku ingin pergi ke tempat yang aku mau.... Tak ada gunanya mempertahankan hidup dengan alat-alat bantu," kata Einstein seperti dikutip IBTimes. "Aku sudah mengerjakan bagianku, sekarang saatnya pergi. Dan aku akan pergi dengan cara yang elegan."
Sehari kemudian, pada pukul 01.15, 18 April 1955, Einstein berpulang pada usia 76 tahun. Albert Einstein meninggalkan ratusan artikel ilmiah dan dua mahakarya, yakni Teori Relativitas Khusus dan Teori Relativitas Umum. Teori-teori Einstein mengubah cara pandang terhadap cahaya, ruang, waktu, dan materi.
Pada 25 November besok, Teori Relativitas Umum tepat berumur seabad. Selama itu pula, teori-teori Einstein sudah melewati dan lulus dari pelbagai tes, bahkan caci-maki. Astronom dari Amerika, Thomas Jefferson Jackson See, pernah menuduh Einstein sebagai penjiplak. Dia menyebut Teori Relativitas Umum sebagai "lelucon gila dan sebuah aib". Tapi, sampai akhir hayatnya, Thomas pun tak bisa membuktikan di mana kesalahan teori Einstein. Demikian pula fisikawan dan ilmuwan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar