PERTUMBUHAN INDIVIDUALITAS.
Dari berbagai kutipan di atas dapat disimpulkan pendekatan mana
yang menurut pandangan Iqbal paling tepat ditempuh dalam menyusun
suatu sistem pendidikan pengembangan individu secara optimal.
Apabila dinyatakan dalam rumusan umum yang biasa digunakan
di kalangan aliran progresivisme pendidikan, bunyinya kira-kira demikian :
"Apabila pendidikan itu dimaksudkan untuk mempersiapkan anak
bagi kehidupannya , maka pendidikan hendaknya dicapai melalui
partisipasi dalam kehidupan itu".
Sebagaimana akan dikemukakan di halaman mendatang ,
prinsip ini mempunyai konsekuensi yang jauh.
Ia tidak hanya membawakaan pembaharuan teori , melainkan juga
dalam praktek dan teknologi pendidikan.
Filsafat Eksperimentalisme dijiwai pandangan ini.
Eksperimentalisme memandang individu sebagai produk
dari kegiatannya sendiri dan dari pengaruh dari lingkungannya
yang telah memberikan bahan pemikiran kepadanya.
Jadi individu itu bukan sesuatu yang secara pasif
menghisap dan mencerap segala pengamatan dan citra
dari lingkungannya.
Namun perlu dicatat bahwa bagi Iqbal
hal ini hanya merupakan salah satu segi
dari pertumbuhan dan perkembangan individu itu.
Masih banyak faktor lain yang tidak kalah penting nya
dalam menggariskan dan mengerahkan pertumbuhan
dan perkembangan tersebut.
Hal ini akan diketengahkan nanti.
K.G. Saiyidain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar