Kamis, 05 November 2015

IQBAL.

PERTUMBUHAN INDIVIDUALITAS.

Dari berbagai kutipan di atas dapat disimpulkan pendekatan mana 
yang menurut pandangan Iqbal paling tepat ditempuh dalam menyusun 
suatu sistem pendidikan pengembangan individu secara optimal.
Apabila dinyatakan dalam rumusan umum yang biasa digunakan 
di kalangan aliran progresivisme pendidikan, bunyinya kira-kira demikian :

"Apabila pendidikan itu dimaksudkan untuk mempersiapkan anak
 bagi kehidupannya , maka pendidikan hendaknya dicapai melalui
 partisipasi dalam kehidupan itu".

Sebagaimana akan dikemukakan di halaman mendatang , 
prinsip ini mempunyai konsekuensi yang jauh.
Ia tidak hanya membawakaan pembaharuan teori , melainkan juga 
dalam praktek dan teknologi pendidikan.
Filsafat Eksperimentalisme dijiwai pandangan ini.

Eksperimentalisme memandang individu sebagai produk 
dari kegiatannya sendiri dan dari pengaruh dari lingkungannya
yang telah memberikan bahan pemikiran kepadanya.

Jadi individu itu bukan sesuatu yang secara pasif 
menghisap dan mencerap segala pengamatan dan citra 
dari lingkungannya.

Namun perlu dicatat bahwa bagi Iqbal 
hal ini hanya merupakan salah satu segi 
dari pertumbuhan dan perkembangan individu itu.

Masih banyak faktor lain yang tidak kalah penting nya 
dalam menggariskan dan mengerahkan pertumbuhan 
dan perkembangan tersebut.
Hal ini akan diketengahkan nanti.

K.G. Saiyidain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar