Jumat, 06 November 2015

Tasawuf adalah Ajaran Rasulullah SAW dan Para Sahabat

Saya pernah menulis tentang dukungan para ulama besar Fiqih pendiri 4 mazhab besar dan juga pendapat ulama besar zaman sekarang seperti Syekh Yusuf Al-Qardawi dalam dua tulisan yaitu Kesaksian Ulama Fiqih Tentang Tasawuf dan khusus pendapat Syekh Yusuf Qardawi terhadap tasawuf bisa di baca di Fatwa Al-Qardawi Tentang Tasawuf. 

Berikut adalah tulisan  yang saya kutip sebuah komentar dari blog Mutiara Zuhud 
tentang kehidupan Rasulullah dan Para Sahabat yang menjadi sumber ajaran tasawuf 
untuk meyakinkan kita semua bahwa ajaran tasawuf adalah 
benar-benar ajaran Rasulullah SAW.

Benih-benih tasawuf sudah ada sejak dalam kehidupan nabi Muhammad SAW. 
Hal ini dapat dilihat dalam perilaku dan peristiwa dalam hidup, 
ibadah dan perilaku nabi Muhammad SAW.

Peristiwa dan Perilaku Hidup Nabi. 
Sebelum diangkat menjadi Rasul, berhari-hari beliau berkhalawat (mengasingkan diri) 
di Gua Hira, terutama pada bulan Ramadhan disana nabi banyak berzikir dan bertafakur dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pengasingan diri Nabi SAW digua Hira ini merupakan acuan utama para sufi 
dalam melakukan khalawat. 
Kemudian puncak kedekatan Nabi SAW dengan Allah SWT tercapai ketika melakukan 
Isra Mikraj. 
Di dalam Isra Mikraj itu nabi SAW telah sampai ke Sidratulmuntaha 
(tempat terakhir yang dicapai nabi ketika mikraj di langit ke tujuh), 
bahkan telah sampai kehadiran Ilahi dan sempat berdialog dgn Allah. 
Dialog ini terjadi berulang kali, dimulai ketika nabi SAW menerima perintah dari Allah SWT tentang kewajiban shalat lima puluh kali dalam sehari semalam. 
Atas usul nabi Musa AS, Nabi Muhammad SAW memohon agar jumlahnya diringankan dengan alasan umatnya nanti tidak akan mampu melaksanakannya. 
Kemudian Nabi Muhammad SAW terus berdialog dengan Allah SWT. 
Keadaan demikian merupakan benih yang menumbuhkan sufisme dikemudian hari.

Perikehidupan (sirah) nabi Muhammad SAW juga merupakan benih-benih tasawuf yaitu pribadi nabi SAW yang sederhana, zuhud, dan tidak pernah terpesona dengan kemewahan dunia. 
Dalam salah satu Doanya ia memohon: 
”Wahai Allah, 
Hidupkanlah aku dalam kemiskinan dan matikanlah aku selaku orang miskin” 
(HR.at-Tirmizi, Ibnu Majah dan al-Hakim).

“Pada suatu waktu Nabi SAW datang kerumah istrinya, Aisyah binti Abu Bakar as-Siddiq. Ternyata dirumahnya tidak ada makanan. 
Keadaan ini diterimanya dengan sabar, lalu ia menahan lapar dengan berpuasa” 
(HR.Abu Dawud, at-Tirmizi dan an-Nasa-i) .

Ibadah Nabi Muhammad SAW. Ibadah nabi SAW juga sebagai cikal bakal tasawuf. 
Nabi SAW adalah orang yang paling tekun beribadah. 
Dalam satu riwayat dari Aisyah RA disebutkan bahwa pada suatu malam nabi SAW mengerjakan shalat malam, didalam salat lututnya bergetar karena panjang dan 
banyak rakaat salatnya. 
Tatkala rukuk dan sujud terdengar suara tangisnya namun beliau tetap melaksanakan salat sampai azan Bilal bin Rabah terdengar diwaktu subuh. 
Melihat nabi SAW demikian tekun melakukan salat, Aisyah bertanya: 
”Wahai Junjungan, bukankah dosamu yang terdahulu dan yang akan datang diampuni Allah, mengapa engkau masih terlalu banyak melakukan salat?” 
nabi SAW menjawab:
” Aku ingin menjadi hamba yang banyak bersyukur” (HR.Bukhari dan Muslim).

Selain banyak salat nabi SAW banyak berzikir. 
Beliau berkata: 
“Sesungguhnya saya meminta ampun kepada Allah dan 
bertobat kepada-Nya setiap hari tujuh puluh kali” (HR.at-Tabrani).

Dalam hadis lain dikatakan bahwa Nabi SAW meminta ampun setiap hari 
sebanyak seratus kali (HR.Muslim). 

Selain itu nabi SAW banyak pula melakukan iktikaf dalam mesjid 
terutama dalam bulan Ramadan.

Akhlak Nabi Muhammad SAW. Akhlak nabi SAW merupakan acuan akhlak 
yang tidak ada bandingannya. 
Akhlak nabi SAW bukan hanya dipuji oleh manusia, tetapi juga oleh Allah SWT. 
Hal ini dapat dilihat dalam firman Allah SWT yang artinya: 
“Dan sesungguhnya kami (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung”.
(QS.Al Qalam:4) ketika Aisyah ditanya tentang Akhlak Nabi SAW, 
Beliau menjawab: 
Akhlaknya adalah Al-Qur’an”(HR.Ahmad dan Muslim). 
Tingkah laku nabi tercermin dalam kandungan Al-Qur’an sepenuhnya.

Dalam diri nabi SAW terkumpul sifat-sifat utama, yaitu 
rendah hati, lemah lembut, jujur, tidak suka mencari-cari cacat orang lain, sabar, 
tidak angkuh, santun dan tidak mabuk pujian. 

Nabi SAW selalu berusaha melupakan hal-hal yang tidak berkenan di hatinya 
dan tidak pernah berputus asa dalam berusaha.

Oleh karena itu, 
Nabi SAW merupakan tipe ideal bagi seluruh kaum muslimin, 
termasuk pula para sufi. 

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 21 
yang artinya:
”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat 
dan dia banyak menyebut nama Allah.”.

Kehidupan Empat Sahabat Nabi Muhammad SAW.
Sumber lain yang menjadi sumber acuan oleh para sufi adalah kehidupan para sahabat 
yang berkaitan dengan keteguhan iman, ketakwaan, kezuhudan dan budi pekerti luhur. 

Oleh karena setiap orang yang meneliti kehidupan rohani dalam islam 
tidak dapat mengabaikan kehidupan kerohanian para sahabat 
yang menumbuhkan kehidupan sufi diabad-abad sesudahnya.

Kehidupan para sahabat dijadikan acuan oleh para sufi karena para sahabat 
sebagai murid langsung Rasulullah SAW dalam segala perbuatan dan ucapan mereka senantiasa mengikuti kehidupan Nabi Muhammad SAW. 

Oleh karena itu perilaku kehidupan mereka dapat dikatakan sama dengan 
perilaku kehidupan Nabi SAW, kecuali hal-hal tertentu yang khusus bagi Nabi SAW. 

Setidaknya kehidupan para sahabat adalah kehidupan yang paling mirip dengan kehidupan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW karena mereka menyaksikan langsung apa yang diperbuat dan dituturkan oleh Nabi SAW. 

Oleh karena itu Al-Qur’an memuji mereka: 
” Orang-orang yang terdahulu lagi pertama-tama (masuk islam) 
   diantara orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka 
  dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah 
  dan Allah sediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya,      
  mereka kekal didalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar”.
 (QS.At Taubah:100).

Abu Nasr as-Sarraj at-Tusi menulis didalam bukunya, Kitab al-Luma`, 
tentang ucapan Abi Utbah al-Hilwani (salah seorang tabiin) tentang kehidupan 
para sahabat:
” Maukah saya beritahukan kepadamu tentang kehidupan para sahabat Rasulullah SAW? 

Pertama, 
bertemu kepada Allah lebih mereka sukai dari pada kehidupan duniawi. 

Kedua,
 mereka tidak takut terhadap musuh, baik musuh itu sedikit maupun banyak. 

Ketiga, 
mereka tidak jatuh miskin dalam hal yang duniawi, 
dan mereka demikian percaya pada rezeki Allah SWT.”

Adapun kehidupan keempat sahabat Nabi SAW yang dijadikan panutan para sufi 
secara rinci adalah sbb:

Abu Bakar as-Siddiq.

Pada mulanya ia adalah salah seorang Kuraisy yang kaya. 
Setelah masuk islam, ia menjadi orang yang sangat sederhana. 
Ketika menghadapi perang Tabuk, Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabat, 
Siapa yang bersedia memberikan harta bendanya dijalan Allah SWT. 
Abu Bakar lah yang pertama menjawab:”Saya ya Rasulullah.” 
Akhirnya Abu Bakar memberikan seluruh harta bendanya untuk jalan Allah SWT. 
Melihat demikian, 
Nabi SAW bertanya kepada: 
”Apalagi yang tinggal untukmu wahai Abu Bakar?” 
ia menjawab:”Cukup bagiku Allah dan Rasul-Nya.”

Diriwayatkan bahwa selama enam hari dalam seminggu Abu Bakar 
selalu dalam keadaan lapar. 
Pada suatu hari Rasulullah SAW pergi kemesjid. 
Disana Nabi SAW bertemu Abu Bakar dan Umar bin Khattab, 
kemudian ia bertanya:”Kenapa anda berdua sudah ada di mesjid?” 
Kedua sahabat itu menjawab:”Karena menghibur lapar.”

Diceritakan pula bahwa Abu Bakar hanya memiliki sehelai pakaian. 
Ia berkata:
”Jika seorang hamba begitu dipesonakan oleh hiasan dunia, 
Allah membencinya sampai ia meninggalkan perhiasan itu.” 
Oleh karena itu Abu Bakar memilih takwa sebagai ”pakaiannya.” 
Ia menghiasi dirinya dengan sifat-sifat rendah hati, santun, sabar, 
dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ibadah dan zikir.

Umar bin Khattab

Umar bin Khattab yang terkenal dengan keheningan jiwa dan kebersihan kalbunya, sehingga Rasulullah SAW berkata:
” Allah telah menjadikan kebenaran pada lidah dan hati Umar.” 
Ia terkenal dengan kezuhudan dan kesederhanaannya. 
Diriwayatkan, pada suatu ketika setelah ia menjabat sebagai khalifah, 
ia berpidato dengan memakai baju bertambal dua belas sobekan.

Diceritakan, Abdullah bin Umar, putra Umar bin Khatab, 
ketika masih kecil bermain dengan anak-anak yang lain. 
Anak-anak itu semua mengejek Abdullah karena pakaian yang dipakainya 
penuh dengan tambalan. 
Hal ini disampaikannya kepada ayahnya yang ketika itu menjabat sebagai khalifah. 
Umar merasa sedih karena pada saat itu tidak mempunyai uang 
untuk membeli pakaian anaknya. 
Oleh karena itu ia membuat surat kepada pegawai Baitulmal (Pembendaharaan Negara) diminta dipinjami uang dan pada bulan depan akan dibayar 
dengan jalan memotong gajinya.

Pegawai Baitulmal menjawab surat itu dengan mengajukan suatu pertanyaan, 
apakah Umar yakin umurnya akan sampai bulan depan. 
Maka dengan perasaan terharu dengan diiringi derai air mata , 
Umar menulis lagi sepucuk surat kepada pegawai Baitul Mal bahwa 
ia tidak lagi meminjam uang karena tidak yakin umurnya sampai bulan yang akan datang.

Disebutkan dalam buku-buku tasawuf dan biografinya, 
Umar menghabiskan malamnya beribadah. 
Hal demikian dilakukan untuk mengibangi waktu siangnya yang banyak disita 
untuk urusan kepentingan umat. 
Ia merasa bahwa pada waktu malamlah ia mempunyai kesempatan yang luas 
untuk menghadapkan hati dan wajahnya kepada Allah SWT.

Usman bin Affan

Usman bin Affan yang menjadi teladan para sufi dalam banyak hal. 
Usman adalah seorang yang zuhud, tawaduk (merendahkan diri dihadapan Allah SWT), banyak mengingat Allah SWT, banyak membaca ayat-ayat Allah SWT, dan 
memiliki akhlak yang terpuji. 
Diriwayatkan ketika menghadapi Perang Tabuk, sementara kaum muslimin 
sedang menghadapi paceklik, Usman memberikan bantuan yang besar 
berupa kendaraan dan perbekalan tentara.

Diriwayatkan pula, 
Usman telah membeli sebuah telaga milik seorang Yahudi untuk kaum muslimin. 
Hal ini dilakukan karena air telaga tersebut tidak boleh diambil oleh kaum muslimin.
Dimasa pemerintahan Abu Bakar terjadi kemarau panjang. 
Banyak rakyat yang mengadu kepada khalifah dengan menerangkan 
kesulitan hidup mereka. 
Seandainya rakyat tidak segera dibantu, kelaparan akan banyak merenggut nyawa. 
Pada saat paceklik ini Usman menyumbangkan bahan makanan sebanyak seribu ekor unta.

Tentang ibadahnya, diriwayatkan bahwa usman terbunuh 
ketika sedang membaca 
Al-Qur’an. 
Tebasan pedang para pemberontak mengenainya ketika sedang membaca surah Al-Baqarah ayat 137 yang artinya:…
”Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. 
Dan Dia lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 
ketika itu ia tidak sedikitpun beranjak dari tempatnya, 
bahkan tidak mengijinkan orang mendekatinya. 
Ketika ia rebah berlumur darah, mushaf (kumpulan lembaran) Al-Qur’an itu 
masih tetap berada ditangannya.

Ali bin Abi Talib

Ali bin Abi Talib yang tidak kurang pula keteladanannya dalam dunia kerohanian. 
Ia mendapat tempat khusus di kalangan para sufi. 
Bagi mereka Ali merupakan guru kerohanian yang utama. 
Ali mendapat warisan khusus tentang ini dari Nabi SAW. 

Abu Ali ar-Ruzbari , seorang tokoh sufi, mengatakan bahwa Ali dianugerahi Ilmu Laduni.

Ilmu itu, sebelumnya, secara khusus diberikan Allah SWT kepada Nabi Khaidir AS, 
seperti firmannya yang artinya:…
”dan telah Kami ajarkan padanya ilmu dari sisi Kami.” (QS.Al Kahfi:65).

Kezuhudan dan kerendahan hati Ali terlihat pada kehidupannya yang sederhana.
 Ia tidak malu memakai pakaian yang bertambal, bahkan
 ia sendiri yang menambal pakiannya yang robek.

Suatu waktu ia tengah menjinjing daging di Pasar, lalu orang menyapanya:
”Apakah tuan tidak malu memapa daging itu ya Amirulmukminin (Khalifah)?” 
Kemudian dijawabnya:”Yang saya bawa ini adalah barang halal, kenapa saya harus malu?”.

Abu Nasr As-Sarraj at-Tusi berkomentar tentang Ali. 
Katanya:
”Di antara para sahabat Rasulullah SAW Amirulmukminin Ali bin Abi Talib 
memiliki keistimewahan tersendiri dengan pengertian-pengertiannya yang agung, 
isyarat-isyaratnya yang halus, kata-katanya yang unik, 
uraian dan ungkapannya tentang tauhid, makrifat, iman, ilmu, hal-hal yang luhur, dan sebagainya yang menjadi pegangan serta teladan para sufi.

Kehidupan Para Ahl as-Suffah. 

Selain keempat khalifah di atas, sebagai rujukan para sufi dikenal pula para Ahl as-Suffah. Mereka ini tinggal di Mesjid Nabawi di Madinah dalam keadaan serba miskin, 
teguh dalam memegang akidah, dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Diantara Ahl as-Suffah itu ialah 
Abu Hurairah, 
Abu Zar al-Giffari, 
Salman al-Farisi, 
Mu’az bin Jabal, 
Imran bin Husin, 
Abu Ubaidah bin Jarrah, 
Abdullah bin Mas’ud, 
Abdullah bin Abbas dan 
Huzaifah bin Yaman. 
Abu Nu’aim al-Isfahani, penulis tasawuf (w. 430/1038) menggambarkan 
sifat Ahl as-Suffah di dalam bukunya Hilyat al-Aulia`(Permata para wali) yang artinya: 

Mereka adalah kelompok yang terjaga dari kecendrungan duniawi, 
terpelihara dari kelalaian terhadap kewajiban dan menjadi panutan kaum miskin 
yang menjauhi keduniaan. 
Mereka tidak memiliki keluarga dan harta benda. 
Bahkan pekerjaan dagang ataupun peristiwa yang berlangsung disekitar mereka 
tidak lah melalaikan mereka dari mengingat Allah SWT. 
Mereka tidak disedihkan oleh kemiskinan material dan 
mereka tidak digembirakan kecuali oleh suatu yang mereka tuju.

Diantara Ahl as-Suffah itu ada yang mempunyai keistimewahan sendiri. 
Hal ini memang diwariskan oleh Rasulullah SAW kepada mereka seperti 
Huzaifah bin Yaman yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW 
tentang ciri-ciri orang Munafik. 
Jika ia berbicara tentang orang munafik, 
para sahabat yang lain senantiasa ingin mendengarkannya 
dan ingin mendapatkan ilmu yang belum diperolehnya dari Nabi SAW. 

Umar bin Khattab pernah tercengang mendengar uraian Huzaifah 
tentang ciri-ciri orang munafik.

Adapun Abu Zar al-Giffarri adalah seorang Ahl as-Suffah termasyur yang bersifat sosial. 
Ia tampil sebagai prototipe (tokoh pertama) fakir sejati. 

Abu Zar tidak pernah memiliki apa-apa, 
tetapi ia sepenuhnya milik Allah SWT dan akan menikmati hartanya yang abadi. 
Apabila ia diberikan sesuatu berupa materi, 
maka materi tersebut dibagi-bagi kepada para fakir miskin.

Begitu juga Salman Al Farisi salah seorang Ahli Suffah yang hidup sangat sederhana 
sampai akhir hanyatnya. 

Beliau merupakan salah satu Ahli Silsilah dari Tarekat Naqsyabandi 
yang jalur keguruan bersambung kepada Saidina Abu Bakar Siddiq 
sampai kepada Rasulullah SAW.

Mudah-mudahan tulisan di atas menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua sehingga tidak ragu dalam berguru mengamalkan ajaran Tasawuf 
yang merupakan inti sari Islam yang bersumber dari ajaran Rasulullah SAW 
dan kemudian ajaran mulia ini diteruskan oleh Para Sahabat, Tabi’in, Tabi Tabi’in serta para Guru Mursyid sambung menyambung dengan tetap menjaga kemurniannya sehingga ajara tasawuf zaman Rasulullah SAW sampai kepada kita tetap dalam keadaan murni. 

Para Guru Mursyid adalah khalifah Rasulullah SAW ulama Warisatul Anbiya 
yang menjaga amanah Rasulullah SAW, tidak berani menambah dan mengurangi 
sehingga ilmu Tasawuf itu tetap terjaga sepanjang zaman.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar