Syeikh Ahmad ar-Rifa’y
Riwayat dari Abdullah bin Amr ra:
“Tuhanku mendidikku, dan
“Rasulullah saw, masuk ke dalam rumahku, lalu bersabda,
“Wahai Abdullah bin Amr,
bukankan aku diberi informasi bahwa sebenarnya dirimu sangat ketat (memaksa diri) dalam sholat malam dan puasa di siang hari?”
Aku menjawab, “Saya memang melakukannya…”.
Lalu Rasulullah saw, bersabda,
“Cukuplah bagimu sebulan itu puasa tiga hari.
Satu kebaikan itu sebanding dengan dengan sepuluh kebaikan,
maka (jika anda melakukan puasa tiga hari setiap bulan)
sama dengan puasa setahun penuh….”
(Hr. Bukhari, Muslim, Ahmad, Tirmidzy, Nasa’I, Ibnu Majah, Daramy dan Ibnu Sa’d)
Dia mendidik adabku dengan baik.”
Dalam hadits ini ada rahasia-rahasia:
Adanya berita gembira atas kesinambungan
cahaya amal dengan cahaya amal yang lain tanpa terhenti,
walau pun ada jarak waktu yang jauh.
Berlipatgandanya pahala amal pada ummat ini,
satu kebaikan sebanding dengan sepuluh kebaikan,
agar hatinya bangkit untuk amal kebajikan.
Tidak adanya keterpaksaan yang membuat si hamba jadi bosan.
Terus menerus berdzikir hingga hati tak tertimpa kealpaan.
Kepastian iman terhadap janji dan kebajikan kemuliaan Allah swt.
Semua perilaku tersebut merupakan tingkah kaum ‘arifin
yang melepaskan diri dari hasrat duniawi dan ukhrowi,
dimana hasrat citanya hanyalah Tuhan mereka.
Maka siapa pun yang himmahnya hanyalah Rabb,
tiadalagi hasrat lain baginya.
Yahya bin Mu’adz ra, dalam munajatnya mengatakan:
“Ilahi, bila aku mengenalMu,
sesungguhnya Engkau telah memberi petunjuk padaku.
Jika aku mencariMu,
sesungguhnya karena Engkau menghendakiKu.
Jika aku datang kepadaMu,
sesungguhnya Engkau memilihku.
Jika aku taat padaMu,
sesungguhnya karena Engkau memberi taufiq kepadaku.
Dan jika aku kembali kepadaMu,
itu karena Engkau menghampiriku.”
Diriwayatkan bahwa Nabi Musa as telah bermunajat:
“Oh Tuhan, bagaimana caraku bersyukur atas nikmat-nikmatMu,
sedangkan setiap rambut yang tumbuh saja ada dua nikmat?”
Allah swt menjawab:
“Wahai Musa!
Bila engkau tahu bahwa dirimu sangat tak berdaya bersyukur kepadaKu,
sesungguhnya engkau benar-benar telah bersyukur kepadaKu….”
Allah swt, mewahyukan kepada Nabi Dawud as:
“Bersyukurlah atas nikmatKu kepadamu…”
Nabi Dawud as, menjawab:
“Ya Allah bagaimana aku bisa bersyukur kepadaMu,
sedangkan syukurku kepadaMu itu adalah nikmat teragung bagiku?”
“Bila engkau tahu itu,
sebenarnya engkau hambaku paling bersyukur padaKu…”
firmanNya dalam wahyu kepadanya.
Muhammad bin as-Sammak ra mengatakan,
“Ingatlah kepada Dzat yang mendahului ingatNya sebelum dzikirmu, dan
cintaNya sebelum cintamu.
Apa pun yang kau dzikirkan tak lain jkecuali karena dzikirNya kepadamu,
dan tak ada cintamu kepadaNya kecuali karena cintaNya kepadamu.”
Abu Bakr al-Wasithy ra, menegaskan,
“Siapa yang lupa mengingat Allah Ta’ala berarti ia telah terkena Istidroj..”
Perlu diketahui bahwa sifat terendah dari seorang arif Billah adalah
bila seseorang hatinya hidup bersama Allah tanpa ikatan apa pun,
yaitu mengingat Allah, hanya kepada Allah.
Hal demikian jelas, seperti dalam firmanNya,
“Sesungguhnya dzikir Allah itu paling besar…”.
Dikatakan mengenai firman Allah Ta’ala:
“Sangat sedikit hamba-hambaKu yang sangat bersyukur”,
artinya adalah sangat sedikit orang yang melihat anugerahKu
ketika ia bersyukur kepadaKu...,
Bersama Allah, kita bersyukur pada Allah.
Nabi Musa as, berkata:
“Ilahi, bagaimana Adam mampu bersyukur kepadaMu?
Karena Adam Engkau cipta dari TanganMu, dan
Engkau hembuskan RuhMu, dan
Engkau posisikan di syurgaMu, serta
Engkau perintah para malikat bersujud kepadanya,
lalu mereka pun sujud?”
Allah swt, menjawab:
“Hai Musa!
Adam tahu bahwa semua itu dariKu, lalu dia memuji karenanya.”
Siapa yang taat kepada Allah swt,
sesungguhnya ia taat karena pertolonganNya, maka ia dapatkan anugerah.
Siapa yang maksiat kepada Allah swt, maka karena bagian takdirNya
yang ia maksiat kepadaNya.
Bagi Allah ada hujjah baginya.
AnugerahNya mendahului ketaatan hambaNya sebelum ia taat,
dan keadilanNya mendahului maksiatnya sebelum ia berbuat maksiat.
Karena Allah adalah Maha memberlakukan apa yang dikehendakiNya.
Dalam suatu riwayat Nabi Ibrahim as bermunajat :
“Oh Tuhanku,
kalau bukan karena Engkau bagaimana aku mengenal siapa Engkau?”
Abu Abdullah ra, ditanya,
“Bagaimana kami tidak senang dengan pujian dan sanjungan?”
“Semata karena lupa mengingat anugerah Allah pada kalian,
lupa mengingat kebaikan pertolonganNya yang mendahuluimu.
Siapa yang lupa anugerah dan ingkar nikmat,
nikmat pun akan diterima sebagai derita…” jawabnya.
Anak-anakku…
Sesungguhnya Allah Ta’ala telah memberimu ma’rifat, dan
menolongmu untuk taat kepadaNya tanpa minta balas kebaikan darimu dan
tanpa minta pertolongan dari arahmu,
karena itu sudah seyogyanya anda berdzikir kepadaNya dan
berbakti kepadaNya tanpa minta ganti rugi dan kecukupan dariNya.”
Banyak sekali ragam kelompok ahli dzikir, diantaranya:
Ada yang berdzikir karena tujuan meraih anugerah Islam,
Ada yang berdzikir karena demi ashlus-Sunnah wal-Jamaah,
Ada yang berdzikir karena adanya anugerah dibalik dzikirnya,
hingga hati dan lisannya kelu,
akalnya melayang,
ia lebur dalam keagunganNya,
bergerak dalam kemuliaanNya,
hangus dalam mencintaiNya,
disaat ia tahu bahwa seluruh amal itu tidak akan pernah bisa tegak
kecuali bersamaNya.
Dzikir ada dua arah:
- Dzikir yang menimbulkan rasa takut dan rasa takut penuh cinta.
- Dzikir yang melahirkan rindu dan cinta.
Rasa takut dan cinta adalah dzikir bagi orang yang berdzikir bersama diri sendiri,
kemudian ia melihat itu semua karena Dzikrnya Allah padanya yang menyebabkan dzikirnya kepada Allah Ta’ala,
kemudian ia tahu bahwa dengan dzikrullah membuat sambung
pada Dzikrinya Allah pada dirinya.
Sedangkan rindu dan cinta dibalik dzikir adalah dzikirnya orang yang mengingat Dzikrnya Allah di zaman Azali, hingga tiada maujud dan sirna diri di dunia, kemudian sampai abadi. Lalu dijumpai bahwa Ingatan Allah padanya telah ada sejak Azali, abadi selamanya.
Sedangkan dzikirnya sendiri,
malah tercampuri kotoran syahwat,
teraduk oleh kealpaan demi kealpaan.
Maka sangat berbeda jauh antara orang yang masuk pada Allah Ta’ala
dengan melihat dzikirnya sendiri, dan
antara orang yang masuk kepada Allah Ta’ala dengan melihat anugerah dan kemuliaanNya.
Perlu diketahui bahwa dzikirnya hamba kepada Allah Ta’ala,
jika dibandingkan dengan penyandaran dzikirnya Allah Ta’ala pada si hamba,
ibarat debu di bawah derasnya hujan.
Dengan dzikir kepadaMu hiduplah ejekanku hai pengkhayal
Dan dengan DzikirMu kepadaku mendahului dzikirku sungguh teragung!
Engkau beri anugerah besar, hingga aku tak mampu mensyukurinya
Manalagi anugerah elokMu yang mampu kusyukuri?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar