Ada cahaya yang memendar nun jauh di sana. Tak habis-habisnya mata memandang penuh pesona. Indah dan menakjubkan, hingga tiada sesaat pun melainkan sebuah klimaks dari puncak rasa kita, terkadang
seperti puncak gelombang Cinta, terkadang menghempas seperti sauh-sauh kesadaran di hempas pantai, terkadang begitu jauh di luar batas harapan, padahal ia lebih dekat dari sanubari kita sendiri.
Tiba-tiba cahaya itu ada di depan mata hati kita. Ternyata sebuah gerbang keagungan yang dahsyat penuh kharisma. Gerbang itu seakan bicara: “Akulah gerbang para kekasih Tuhan”. Sejengkal saja kaki kita melangkah, memasuki pintu gerbang itu, seluruh kesadaran kita sirna dalam luapan gelombang cinta yang digerakkan oleh kedahsyatan angin kerinduan. Kata pertama yang berbunyi di sana adalah deretan puja dan puji:
“Segala puji bagi Allah yang telah meluapi lembah kalbu para wali-Nya dengan luapan Cinta kepada-Nya.
Dia yang membangunkan istana khusus agar luapan arwah para kekasih-Nya itu,
senantiasa menyaksikan keagungan-Nya.
Dia pula yang menghamparkan padang ma’rifatullah melalui rahasia-rahasia jiwanya.
Lalu kalbunya berada di sebuah taman surga.
Taman itu penuh dengan lukisan-lukisan ma’rifatullah yang tiada tara.
Sedangkan arwah-arwah mereka berada di Taman Malakut,
tak sejenak pun arwah itu melainkan berada dalam keabadian penyucian pada-Nya.
Duh, rahasia arwahnya, mendendangkan tasbih dalam tarian Lautan Jabarut-Nya.”
Lalu sebuah gerbang yang begitu agung dan indahnya,
mengukirkan prasasti yang ditulis oleh Qalam Ruhani.
“Segala Puja bagi Allah, yang telah membuka gerbang Cinta-Nya bagi para Kekasih-Nya. Lalu Dia mengurai rantai yang membelenggu jiwanya,
sehingga mereka teguh dalam keharusan khidmah pada-Nya,
sedangkan cahaya-cahaya-Nya melimpahi akal-akal mereka.
Lalu tampak jelas, keajaiban-keajaiban kekuasaan-Nya,
sedangkan kalbu-kalbu mereka terjaga dari haru biru tipudaya yang menumpah
pada pesona-pesona cetak lahiriyah jagad semesta,
sampai akhirnya menggapai ma’rifat paripurna.
Amboi, ruh-ruh mereka tersingkapkan dari kemahasucian paripurna-Nya,
dan sifat-sifat keagungan-Nya.
Merekalah penempuh jalan hadirat-Nya,
dalam kenikmatan rahasia kedekatan dengan-Nya,
melalui tarekat dahsyat rindu dendam-Nya,
hingga mereka termanifestasi dalam hakikat,
melalui penyaksian Ketunggalan-Nya.
Mereka telah diraih dari mereka, dan
Dia menyirnakan mereka dari mereka,
lalu mereka ditenggelamkan dalam lautan Kemaha-Dia-an-Nya.
Dia memisahkan pasukan-pasukan terpencar dalam kesatuan kitab-Nya
bagi para kekasih terpilih-Nya.
Lalu mereka terjaga oleh kerahasiaan jiwa melalui limpahan cahaya-cahaya,
agar ia menjadi obyek manifestasi, di samping ke-Tunggal-Dirian-Nya.”
Kalau saja kita ingin mengenal gerbang-gerbang Kekasih Allah itu,
semata bukanlah hasrat dan ambisi untuk menjadi Kekasih-Nya.
Sebab, mengangkat derajat seseorang menjadi Kekasih-Nya adalah Hak Allah,
dan Allah sendiri yang memberi Wilayah itu kepada hamba-Nya yang dikehendaki-Nya.
Sekadar berkah atas cahaya kewalian dari kekasih-kekasih-Nya itu,
sesungguhnya lebih dari cukup bagi kita.
Sedangkan pengetahuan kita atas dunia kewalian yang menjadi bagian dari misteri-misteri Ilahi, tidak lebih dari limpahan-limpahan Ilahi,
agar kita lebih yakin kepada-Nya atas keimanan kita selama ini.
Para Auliya Allah adalah Ahlullah.
Mereka terpencar di muka bumi sebagai “tanda-tanda” Ilahiyah,
dengan jumlah tertentu, dan tugas-tugas tertentu.
Di antara mereka ada yang ditampakkan karamahnya,
ada pula yang tidak ditampakkan sama sekali.
Oleh karena itu hamba-hamba Allah yang diberi kehebatan luar biasa,
tidak sama sekali disebut Waliyullah, dan belum tentu juga yang tidak memiliki kelebihan sama sekali, tidak mendapat derajat Wali Allah.
Para Auliya adalah mereka yang senantiasa mencurahkan jiwanya untuk Ubudiyah
kepada Allah, dan menjauhkan jiwanya dari kemaksiatan kepada Allah.
Di masyarakat kita, seringkali terjebak oleh fenomena-fenomena metafisikal
yang begitu dahsyat yang muncul dari seseorang.
Lalu masyarakat kita mengklaim bahwa orang tersebut tergolong Waliyullah.
Padahal kata seorang syekh sufi,
“Jika kalian melihat seseorang bisa terbang, bisa menembus batas geografis dengan cepat, bahkan bisa menembus waktu yang berlalu dan yang akan datang,
janganlah Anda anggap itu seorang Wali Allah
sepanjang ia tidak mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.“
Mengapa?
Sebab ada ilmu-ilmu hikmah tertentu yang bisa dipelajari,
agar seseorang memiliki kehebatan tertentu di luar batas ruang dan waktu, dan
ironisnya ilmu demikian disebut sebagai Ilmu Karamah.
Padahal karamah itu, adalah limpahan anugerah Ilahi,
bukan karena usaha-usaha tertentu dari hamba Allah.
Karamah sendiri bukanlah syarat dari kewalian.
Kalau saja muncul karamah pada diri seorang wali,
semata hanyalah sebagai petunjuk atas kebenaran ibadahnya,
kedudukan luhurnya, namun dengan syarat tetap berpijak pada perintah Nabi SAW.
Jika tidak demikian, maka karamah hanyalah kehinaan syetan.
Karena itu di antara orang-orang yang saleh
ada yang mengetahui derajat kewaliannya, dan orang lain tahu.
Ada pula yang tidak mengetahui derajat kewaliannya sendiri, dan orang lain pun tidak tahu. Bahkan ada orang lain yang tahu, tetapi dirinya sendiri tidak tahu.
Tetapi di belahan ummat Islam lain juga ada yang menolak konsep kewalian.
Bahkan dengan mudah mengklaim yang disebut Auliya’ itu seakan-akan hanya derajat biasa dari derajat keimanan seseorang.
Tentu saja, kelompok ini sama kelirunya dengan kelompok mereka yang menganggap seseorang, asal memiliki kehebatan, lalu disebut sebagai Waliyullah,
apalagi jika orang itu dari kalangan kiai atau ulama.
Meluruskan pandangan Kewalian di khalayak ummat kita, memang sesuatu yang rumit.
Ada ganjalan-ganjalan primordial dan psikologis, bahkan juga ganjalan intelektual.
Al-Quthub Abul Abbas al-Mursi, semoga Allah meridlainya,
menegaskan dalam kitab yang ditulis oleh muridnya, Lathaiful Minan,
karya Ibnu Athaillah as-Sakandari,
“Waliyullah itu diliputi oleh ilmu dan ma’rifat-ma’rifat,
sedangkan wilayah hakikat senantiasa disaksikan oleh mata hatinya,
sehingga ketika ia memberikan nasehat seakan-akan apa yang dikatakan
seperti identik dengan izin Allah.
Dan harus dipahami,
bagi siapa yang diizinkan Allah untuk meraih ibarat yang diucapkan,
pasti akan memberikan kebaikan kepada semua makhluk,
sementara isyarat-isyaratnya menjadi riasan indah bagi jiwa-jiwa makhluk itu.”
“Dasar utama perkara Wali itu,” kata Abul Abbas,
“adalah merasa cukup bersama Allah, menerima Ilmu-Nya, dan
mendapatkan pertolongan melalui musyahadah kepada-Nya.
Allah Ta’ala berfirman:
“Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia-lah yang mencukupinya.”
(QS. ath-Thalaq: 3).
“Bukankah Allah telah mencukupi hambanya?”
QS. Az-Zumar: 36).
“Bukankah ia tahu, bahwa sesungguhnya Allah itu Maha Tahu?”
(QS. al-‘Alaq :14).
“Apakah kamu tidak cukup dengan Tuhanmu,
bahwa sesungguhnya Dia itu Menyaksikan segala sesuatu?”
(QS. Fushshilat: 53).
Syekh Agung Abdul Halim Mahmud dalam memberikan catatan khusus
mengenai Lathaiful Minan karya as-Sakandari mengupas panjang lebar
mengenai Kewalian ini.
Hal demikian dilakukan karena, as-Sakandari menulis kitab itu
memulai tentang wacana Kewalian,
karena memang, buku besar itu ingin mengupas tuntas tentang biografi
dua Waliyullah terbesar sepanjang zaman,
yaitu Sulthanul Auliya’ Syekh Abul Hasan asy-Syadzili ra dan muridnya,
Syekh Abul Abbas al-Mursi.
Dalam sebuah ayat yang seringkali menjadi rujukan utama dunia Kewalian adalah:
“Ingatlah bahwa sesungguhnya para Wali-wali Allah itu
tidak punya rasa takut dan rasa gelisah.
Yaitu orang-orang yang beriman dan mereka bertaqwa.
Mereka mendapatkan kegembiraan
dalam kehidupan dunia dan dalam kehidupan akhirat.
Tidak ada perubahan bagi Kalimat-kalimat Allah.
Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.”
(QS. Yunus: 62-64)
Dalam salah satu hadits Qudsi yang sangat populer disebutkan,
“Rasulullah SAW bersabda:
Allah Ta’ala berfirman:
“Siapa yang memusuhi Wali-Ku,
maka benar-benar Aku izinkan orang itu untuk diperangi.
Dan tidaklah seorang hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku
yang lebih Aku cintai dibanding apa yang Aku wajibkan padanya.
Dan hamba-Ku itu senantiasa mendekatkan pada-Ku
dengan ibadah-ibadah Sunnah sehingga Aku mencintai-Nya.
Maka bila Aku mencintainya,
Akulah ...
pendengarannya di mana ia mendengar, dan
menjadi matanya di mana ia melihat, dan
menjadi tangannya di mana ia memukul, dan
menjadi kakinya di mana ia berjalan.
Jika ia memohon kepada-Ku,
Aku pasti memberinya,
jika ia memohon perlindungan kepadaKu
Aku pasti melindunginya.”
Karenanya al-Hakim at-Tirmidzi, salah satu sufi besar generasi abad pertengahan,
menulis kitab yang sangat monumental hingga saat ini, Khatamul Auliya’
(Tanda-tanda Kewalian), yang di antaranya berisi 156 pertanyaan mengenai dunia sufi,
dan siapa yang bisa menjawabnya,
maka ia akan mendapatkan Tanda-tanda Kewalian itu.
Beliau juga menulis kitab ‘Ilmul Auliya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar