PENDIDIKAN WATAK.
Setiap sistem filsafat pendidikan perlu terlebih dahulu mengetahui
tipe manusia yang bagaimanakah yang hendak dicapainya.
Sebab pada akhirnya setiap tata nilai suatu teori pendidikan
tergantung dari kualitas dan watak manusia ideal yang digariskannya.
Dalam bab ini hendak diketengahkan gambaran manusia ideal ,
sebagaimana dapat digali dan tercermin dari karya-karya Iqbal,
yaitu gambaran manusia ideal yang tersirat dan terimplikasikan
dalam fiksafatnya.
Dalam bab-bab terdahulu telah dikutip beberapa sajak
mengungkapkan beberapa kualitas dari 'manusia ideal"
menurut versi Iqbal .
Dan kini kita hanya tinggal menjabarkannya lebih lanjut.
Pertama - menurut versi Iqbal - hidup yang baik ialah
hidup yang penuh usaha dan perjuangan ,
bukan suatu cara hidup yang menarik diri dan memencilkan diri,
bukan suatu corak kehidupan yang dihiasi kemalasan dan
memandang segala serba enteng.
Sebab - menurut pandangan Iqbal - satu jam penuh kejayaan -
"jaya menurut perbendaharaan kata Iqbal - adalah sebanding
dengan hidup sepanjang hayat tanpa usaha ".
"Bila anda ingin melewati dunia sementara ini,
Bila anda ingin beralih dari ketiadaan kepada keberadaan,
Bertahanlah !
Jangan mudah anda melenyap
seperti kilatan cahaya sekejap !
Pupuk keberanian bersusah payah
agar berhasil meraih lumbung penuh melimpah !
Bila anda miliki sinar mentari,
Beranilah menjelajah langit lazuardi !
Bila anda punya hati yang berani menantang panah,
Hiduplah berani,
dan matilah di dunia ini laksana rajawali !
Terapkanlah dalam kehidupan makna yang dalam
dari ajaran, ibadat dan keimanan !
Hidup sekejap laksana singa
Sebanding seratus tahun kehidupan tikus !"
K.G. Saiyidain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar