Jumat, 20 November 2015

IQBAL.

PENDIDIKAN WATAK.

Pendek kata , pandangan tentang adanya saham dari masyarakat 
dalam memberikan bentukan kepada watak dan tingkah laku individu
memang tak dapat disangkal.
Namun demikian , Iqbal tetap tidak akan ragu-ragu untuk memberikan 
kedudukan yang lebih tinggi kepada ego dari apa yang diajukan 
Schmalhausen tersebut di atas.
Dalam pada itu Iqbal, akan sepenuhnya menyetujui pula pendapat 
Schmalhausen  yang menyatakan bahwa kita hanya akan memahami 
pertautan yang sebenarnya antara potensi-potensi insani 
dengan lingkungan sosial yang menguntungkan itu apabila
disertai Kesadaran akan peranan peradaban dan kebudayaan.
Kesadaran inilah yang dengan penuh pertimbangan mengadakan
seleksi tentang berbagai kecenderungan serta disposisi tertentu,
mana yang hendaknya dipupuk dan dikembangkan dan mana yang tidak.

Dan iapun akan menguatkan pula pendapat Schmalhausen 
yang menyatakan bahwa dalam masyarakat kemanusiaan terdapat
lebih banyak bakat dan kejeniusan dari pada yang telah sempat 
mendapatkan kesempatan dan dukungan yang memadai 
dari lingkungannya; demikian pula terdapat lebih banyak 
rasa kemanusiaan yang tersembunyi dari apa yang telah sempat digali
oleh lingkungannya , baik lingkungan yang masih primitif maupun 
yang telah berperadaban.

Dengan demikian jelaslah bahwa pencapaian tingkat keutamaan manusia
itu tergantung  - pada satu fihak - dari ideologi yang mengilhami individu
dan  - di lain fihak - dari perilaku kolektif serta lingkungan sosial 
yang memberikan kesempatan dan kemungkinannya untuk berkembang.

Iqbal dengan sepenuh hati dan gelora semangat yang menyala-nyala 
percaya, bahwa interpretasi baru dari citra Islam yang diproyeksikan 
kepada kondisi dan permasalahan kehidupan modern akan dapat 
membangkitkan inspirasi dan kekuatan pendorong 
bagi pembinaan kembali kehidupan individual maupun sosial.

Selanjutnya Iqbal percaya juga bahwa dalam tata kehidupan sosial
berdasarkan pandangan Islam terbuka kesempatan besar 
untuk membangkitkan dorongan dan daya penggerak 
yang mengarahkan perkembangannya ke arah pencapaian cita tersebut.


Pada halaman-halaman mendatang secara singkat akan dikaji garis besar 
karakteristik tata kehidupan sosial menurut pandangan Islam 
serta implikasinya bagi pendidikan.

K.G. Saiyidain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar